Repository Universitas Andalas

GAMBARAN PENERAPAN PRINSIP ETIK KEPERAWATAN PERAWAT PELAKSANA MENURUT PERSPEKTIF PASIEN DI IRNA BEDAH DI RSUP M.DJAMIL PADANG

RIKO AKINO, RIKO AKINO (2015) GAMBARAN PENERAPAN PRINSIP ETIK KEPERAWATAN PERAWAT PELAKSANA MENURUT PERSPEKTIF PASIEN DI IRNA BEDAH DI RSUP M.DJAMIL PADANG. Fakultas Keperawatan .

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Perawat merupakan tenaga pelayanan kesehatan yang selalu berhadapan langsung dengan pasien dalam memberikan pelayanan berupa asuhan keperawatan perawat harus senantiasa menjunjung kode etik keperawatan dan menerapkan prinsip etik keperawatan. Penerapan prinsip etik keperawatan di RSUP Dr M.Djamil padang belum optimal, maka di ingatkan kepada perawat pelaksana agar memberikan asuhan keperawatan sesuai dengan prinsip etik keperawatan apabila tidak menerapkan prinsip etik keperawatan maka akan menimbulkan kerugian bagi pasien sebagai penerima asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan prinsip etik keperawatan perawat pelaksana menurut perspektif pasien di irna bedah RSUP Dr M.Djamil Padang tahun 2015 dilakukan dari tanggal 16 Januari 2015 sampai 26 Januari 2015. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 orang yang diambil dengan teknik Proportional Random Sampling. Variabel dalam penelitian adalah penerapan prinsip etik keperawatan perawat pelaksana menurut perspektif pasien yang terdiri dari Autonomi, Benefisience, Non-Malficience, Justice, Veracity, Fidelity, Confidentiality. Gambaran penerapan prinsip etik keperawatan perawat pelaksana menurut perspektif pasien yaitu Autonomi baik (58,3%), Beneficience baik (57,2%), Non malficience baik (52,4%), Justice baik (54,8%), Fidelity kurang baik (51,2%), Veracity baik (54,8%) dan Confidentiality baik (54,8%). Dari penelitian ini penerapan prinsip etik keperawatan masih kurang baik, oleh karena itu perawat harus menerapkan semua prinsip etik keperawatan agar tercipta asuhan keperawatan yang berkualitas. Kata Kunci : Prinsip Etik keperawatan Daftar Pustaka : 39 (2000– 2014)

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 14 Dec 2015 03:30
Last Modified: 14 Dec 2015 03:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/23073

Actions (login required)

View Item View Item