Repository Universitas Andalas

PENGARUH SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG

DEBY SUSANTI, DEBY SUSANTI (2015) PENGARUH SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAUH KOTA PADANG. Fakulatas Keperawatan .

[img]
Preview
PDF
Download (319Kb) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (319Kb) | Preview

Abstract

Abstrak: Hipertensi merupakan kasus tertinggi di Wilayah Kerja Puskesmas se Kota Padang pada tahun 2013 yaitu sebanyak 41.768 kasus dan terus meningkat setiap tahunnya, padahal program pemerintah bagi penderita hipertensi seperti pemeriksaan tekanan darah, pengobatan dan senam hipertensi sudah digalakkan. Selain dengan pengobatan farmakologis, hipertensi juga dapat diobati dengan terapi nonfarmakologis yaitu dengan terapi komplementer keperawatan salah satunya Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh SEFT terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi. Penelitian ini menggunakan Quasi Exsperiment Desaign dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design dengan jumlah responden sebanyak 17 orang penderita hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Kota Padang. Setiap responden diberikan terapi SEFT oleh terapis yang berlisensi selama ±10 menit sebanyak 1 kali sehari selama 3 hari berturut-turut. Tekanan darah responden diukur pretest dan posttest intervensi. Hasil penelitian didapatkan rerata penurunan tekanan darah sistolik =12,35 mmHg dan rerata penurunan tekanan darah diastolik =7,35 mmHg. Hasil uji Paired T-Test pada tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik didapatkan p value =0,000 (p <0,05), ini menunjukkan bahwa terapi SEFT dapat menurunkan tekanan darah. Perlu pemahaman bagi profesi keperawatan terkait terapi SEFT sebagai terapi komplementer keperawatan sebagai salah satu alternatif penanganan hipertensi. Kata Kunci : hipertensi, tekanan darah, Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT)

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Unit atau Lembaga: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Deka Putri Naryanti SIP
Date Deposited: 14 Dec 2015 03:30
Last Modified: 14 Dec 2015 03:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/23094

Actions (login required)

View Item View Item