DITA FEBRINA, DITA FEBRINA
(2015)
HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP
RSUD dr. RASIDIN PADANG TAHUN 2015.
Fakultas keperawatan
.
Abstract
Abstrak:
Kepuasan pasien merupakan indikator penentu kualitas pelayanan.Perawat sangat berperan dalam meningkatkan kepuasan pasien di rumah sakit.Karakteristik pasien merupakan aspek yang tidak bisa dirubah dan faktor penentu prioritas tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pelayanan keperawatan di ruang rawat inap RSUD dr.Rasidin Padang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan desain cross sectional, dan menggunakan kuisioner sebagai instrumen peneltian.Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel 78 responden. Teknik analisis data menggunakan uji chi-square dengan tingkat kemaknaan p value= 0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa 47,4% pasien puas terhadap pelayanan keperawatan. Hasil uji statistik menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara umur pasien dengan kepuasan pelayanan keperawatan dimana p value= 0,000, ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin pasien dengan kepuasan pelayanan keperawatan dimana p value= 0,000, ada hubungan yang signifikan antara pendidikan pasien dengan kepuasan pelayanan keperawatan dimana p value=0,001, ada hubungan yang signifikan antara pekerjaan pasien dengan kepuasan pelayanan keperawatan dimana p value= 0,000. Diharapkan bagi perawat harus lebih memperhatikan karakteristik pasien, karena cara dan kebutuhan masing-masing pasien berbeda dan lebih meningkatkan komunikasi yang baik sehingga membuat pasien nyaman dan puas terhadap pelayanan.
Kata kunci: Karakteristik pasien, Kepuasan Pasien, Pelayanan Keperawatan
Daftar pustaka: 49 (2004-2015)
Actions (login required)
|
View Item |