Repository Universitas Andalas

Identifikasi umur tanaman tomat (lycopersicon esculentum) dengan komputer imaging berdasarkan informasi bio-metric dari sifat morfologi daun

Makky, Muhammad (2015) Identifikasi umur tanaman tomat (lycopersicon esculentum) dengan komputer imaging berdasarkan informasi bio-metric dari sifat morfologi daun. LAPORAN PENELITIAN SKEMA DANA DIPA FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN . pp. 1-40.

[img] PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2785Kb)

Abstract

Setiap individu biologis memiliki ciri fisik dan bentuk yang spesifik, dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi sifat dan karakteristik dari individu tersebut. Saat tanaman tersebut tumbuh, ciri dan bentuk serta morfologinya berubah, yang dapat dilihat secara visual maupun dengan perangkat kamera atau alat optis lainnya. Perubahan dan transformasi morfologi ini dapat dikategorikan sebagai biometrik tipe multimodal. Pada penelitian ini, tanaman tomat dari cultivar lokal dibudidayakan dalam sebuah rumah kaca tipe net house, didaerah Sumatra barat. Tanaman ditanam pada media yang telah dipersiapkan dengan komposisi sebagai berikut: Tanah, sekam, dan pupuk, masing masing memiliki porsi seimbang, yaitu 1:1:1. Agar tanaman tumbuh optimal, penyiraman dilakukan secara teratur, dan proteksi tanaman terhadap hama penyakit dan gulma dilakukan. Pengamatan tanaman dilakukan pada umur tanam 21, 42, dan 63 hari. Sampel yang diamati adalah daun kedua dari akar tanaman, yang telah berkembangn sempurna. Daun tersebut berbentuk daun majemuk. Citra daun direkam menggunakan pemindai digital dengan resolusi diatur sebesar 300 titik per satuan inchi luas. Citra selanjutnya diproses menggunakan program pengolahan citra digital. Segmentasi citra dilakukan untuk memisahkan latar belakang dari citra. Kemudian kedalaman warna hijau dari daun di ukur oleh citra dalam sekala warna Red-Green-Blue (merah-hijau-biru). Ukuran dan dimensi daun diukur menggunakan citra digital, juga panjang tulang daun utama, serta dua tulang daun sekunder. Sudut yang terbentuk antara tulang daun sekunder tersebut dengan tulang daun utama juga diukur. Semua data dari parameter tersebut selanjutnya diolah menggunakan program pengolahan data statistik untuk menentukan parameter utama dari daun yang paling sesuai untuk dijadikan acuan penentuan umur tanaman tersebut. Analisa statistik yang digunakan adalah Principal component analysis (PCA). Data hasil analisa PCA menunjukkan beberapa paramater terpenting dari ciri morfologi daun. Analisa statistik kedua dilakukan menggunakan metode analisa kluster K-means yang menunjukkan korelasi positif dari empat parameter utama dengan umur tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar perubahan morfologi daun tanaman tomat berbanding lurus dengan umur dari tanaman tersebut. Kata kunci: Nondestruktif; Daun Tomat; Citra digital; Biometrik; Morfologi Daun.

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TR Photography
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Dr. Eng. Muhammad Makky, STP., MSi
Date Deposited: 18 Feb 2016 08:05
Last Modified: 18 Feb 2016 08:05
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/23204

Actions (login required)

View Item View Item