Repository Universitas Andalas

Analisis Kualitas Layanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Sakti Kabupaten Kerinci Di Era Otonomi Daerah (Studi Kasus Di Kota Sungai Penuh)

Dimasrizal, - (2014) Analisis Kualitas Layanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Sakti Kabupaten Kerinci Di Era Otonomi Daerah (Studi Kasus Di Kota Sungai Penuh). Analisis Kualitas Layanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Sakti Kabupaten Kerinci Di Era Otonomi Daerah (Studi Kasus Di Kota Sungai Penuh), - (-). pp. 1-18. ISSN -

[img]
Preview
PDF
Download (232Kb) | Preview

Abstract

Menurut Undang-Undang No.32 tahun 2004 otonomi daerah adalah hak, kewenangan, dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan adanya desentralisasi yaitu penyerahan wewenang pemerintahan oleh Pemerintah pusat kepada daerah untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem NKRI diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara langsung. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan oleh PDAM Tirta Sakti Kabupaten Kerinci kepada masyarakat khususnya Kota Sungai Penuh dengan mengambil dua daerah yang letak geografisnya berbeda. Daerah pertama yaitu daerah terdekat dengan sumber air dan instalasi pengolahan dari PDAM. Sedangkan daerah kedua yaitu daerah terjauh dari sumber air dan instalasi pengolahan dari PDAM. Konsep kualitas pelayanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang dikemukan oleh Parasuraman dalam Tangkilisan yaitu Tangibles (bukti langsung), Reliability (keandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), Emphaty (empati).. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang disajikan dengan skala ordinal yaitu berupa tabel. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh PDAM Tirta Sakti Kabupaten Kerinci di dua daerah tersebut berbeda, hasil dari penelitian di Daerah Terdekat Secara keseluruhan kualitas pelayanan yang diberikan sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang peneliti lakukan dimana nilai rata-rata tertimbang per variabel atau nilai interval secara keseluruhan adalah 2,76 maka mutu kualitas pelayanan atau nilai interval konversi adalah 69, sehingga pelayanan yang diberikan oleh PDAM sudah bisa dikatakan baik. Sedangkan Daerah Terjauh kualitas pelayanan yang diberikan oleh PDAM Tirta Sakti Kabupaten Kerinci kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang peneliti lakukan dimana nilai rata-rata tertimbang per variabel atau nilai interval secara keseluruhan adalah 2,50 maka mutu kualitas pelayanan atau nilai interval konversi adalah 62,50 sehingga kualitas pelayanan yang diberikan oleh PDAM kurang baik. Namun apabila digabungkan secara keseluruhan data yang peneliti dapatkan dari hasil penelitian maka kualitas pelayanan yang diberikan dapat dikatakan baik. Hal ini dapat terlihat dari data penelitian yang peneliti dapatkan dari hasil penelitian dengan nilai interval atau nilai rata-rata per variabel secara keseluruhan yaitu 2,62 dengan nilai interval konversi atau nilai rata-rata tertimbang per variabel yaitu 65,5 maka pelayanan dapat dikatakan baik.

Item Type: Article
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Unit atau Lembaga: Pascasarjana > Strata 2 > Pembangunan Wilayah dan Pedesaan
Depositing User: nurmala eka eka nurmala
Date Deposited: 10 May 2016 02:09
Last Modified: 15 Oct 2016 01:20
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/23707

Actions (login required)

View Item View Item