Repository Universitas Andalas

Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja petugas satuan polisi pamong praja kota padang dalam menegakkan peraturan daerah

Karta Novenda, Lidya (2015) Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja petugas satuan polisi pamong praja kota padang dalam menegakkan peraturan daerah. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] PDF
Download (50Kb)

Abstract

Penelitian ini mengenai pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja petugas Satuan Polisi Pamong Praja dalam menegakkan Peraturan Daerah No 11 Tahun 2005. Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan motivasi kerja yang ditemukan misalnya kekurangan akan kebutuhan yang dialami oleh seseorang baik kebutuhan yang bersifat fisiologis (sandang, pangan, papan) maupun psikologis sosiologis (kenaikan jabatan, keamanan, perlakuan yang wajar, dan sebagainya). Sedangakan permasalahn kinerja yang penulis temukan berdasarkan data sekunder yang didapat misalnya masih banyak pelanggaran terhadap peraturan daerah diantaranya adalah Peraturan Daerah No 11 Tahun 2005 mengenai ketentraman dan ketertiban umum. Teori motivasi kerja yang digunakan adalah teori yang dikembangkan oleh Steers dan Braunstein (1976) dalam Mas’ud (2004) yang terdiri dari kebutuhan berprestasi, kebutuhan kekuasaan, dan kebutuhan afiliasi. Kemudian teori kinerja yang digunakan adalah dari Bateman, Ferris dan Strasser Bernadin & Russel yang terdiri dari tiga dimensi kinerja kualitas kerja, kuantitas kerja, dan ketangguhan kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanasi dengan pendekatan kuantatif. Penulis melakukan pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan, wawancara yang dilakukan tidak terstruktur, observasi non-partisipan, dan penyebaran angket untuk analisis data. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah proportional cluster random sampling yaitu penarikan sampel secara acak berdasarkan klaster dan proporsional dengan jumlah responden sebanyak 79 responden. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi kerja dengan kinerja digunakan regresi linear berganda. Dimana masing-masing dimensi kebutuhan berprestasi (X1), kebutuhan kekuasaan (X2) dan kebutuhan afiliasi (X3) masing-masing dicari pengaruhnya terhadap kinerja (Y). Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan berprestasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja petugas satuan polisi pamong praja kota Padang dalam penegakan Perda, sedangkan kebutuhan kekuasaan dan kebutuhan afiliasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja petugas satuan polisi pamong praja kota Padang dalam penegakan Perda. Adapun besarnya kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang adalah sebesar 71,5 %, sedangkan sisanya 28.5% ditentukan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Unit atau Lembaga: Pascasarjana > Strata 2 > Pembangunan Wilayah dan Pedesaan
Depositing User: nurmala eka eka nurmala
Date Deposited: 25 May 2016 07:45
Last Modified: 25 May 2016 07:45
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/23743

Actions (login required)

View Item View Item