Repository Universitas Andalas

Peran koperasi jasa keuangan syariah baitul mal wat tamwil (kjks bmt) agam madani nagari tiku v jorong dalam perekonomian masyarakat nagari tiku v jorong kecamatan tanjung mutiara kabupaten agam

Firnando, Edi (2013) Peran koperasi jasa keuangan syariah baitul mal wat tamwil (kjks bmt) agam madani nagari tiku v jorong dalam perekonomian masyarakat nagari tiku v jorong kecamatan tanjung mutiara kabupaten agam. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] PDF
Download (103Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan KJKS BMT Agam Madani Nagari Tiku V Jorong, (2) Menganalisis pemanfaatan jasa keuangan KJKS BMT Nagari Tiku V Jorong dalam perekonomian masyarakat Nagari Tiku V Jorong. Penelitian ini berlangsung dari tanggal 1 November sampai 20 Desember 2012. Metode penelitian adalah metode Studi Kasus dengan informan kunci stakeholder yang terkait dengan KJKS BMT dan sampel diambil secara sengaja sebanyak 50 orang dari nasabah KJKS BMT. Hasil penelitian disajikan dan dibahas dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa KJKS BMT merupakan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dengan badan hukum koperasi yang semula ditujukan berperan dalam pengentasan kemiskinan di Nagari melalui penyaluran dana KMN Kabupaten Agam. Dalam pelaksanaanya, permodalan, tabungan dan pembiayaan LKM ini terus meningkat, namun keuntungan yang diperoleh masih relatif sedikit dibandingkan pembiayaan yang disalurkan yang disebabkan tingginya tingkat kemacetan pengembalian oleh rumah tangga miskin (RTM) dan besarnya biaya operasional yang dikeluarkan KJKS BMT. Dalam rangka meningkatkan keberlanjutan dan kemandirian KJKS BMT dalam malayani jasa keuangan di nagari telah terjadi perubahan sasaran pembiayaan dari RTM kepada nasabah umum, anggota dan karyawan plasma KUD Nagari Tiku V Jorong yang bergerak dalam perkebunan sawit, dengan pembiayaan yang direalisasikan lebih bersifat konsumtif (65%). KJKS BMT Nagari Tiku V Jorong telah bekerja sama dengan KUD Nagari Tiku V Jorong, perbankan dan pihak ketiga lainnya dalam upaya meningkatkan jumlah modal sehingga lembaga keuangan ini dapat melayani permintaan pembiayaan dari masyarakat Nagari Tiku V Jorong yang terus meningkat. KJKS BMT Nagari Tiku V Jorong perlu melakukan efisiensi terhadap biaya operasional dan mengefektifkan jasa pembiayaan untuk membantu perekonomian masyarakat dengan usaha yang bersifat produktif. KJKS BMT Nagari Tiku V Jorong berperan dalam melayani masyarakat yang lebih luas dengan jasa keuangan yang lebih beragam untuk mencapai kemandirian. Namun demikian, rumah tangga miskin produktif yang membutuhkan modal kerja juga harus tetap menjadi perhatian LKM ini, karena melayani masyarakat yang tergolong miskin untuk keluar dari garis kemiskinan merupakan prinsip utama pendirian KJKS BMT ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Unit atau Lembaga: Pascasarjana > Strata 2 > Pembangunan Wilayah dan Pedesaan
Depositing User: nurmala eka eka nurmala
Date Deposited: 26 May 2016 04:42
Last Modified: 26 May 2016 04:43
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/23744

Actions (login required)

View Item View Item