Repository Universitas Andalas

Implementasi Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Matakuliah Perancangan Teknik Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas

Adi Saputra, Dendi and Pratoto, Adjar (2015) Implementasi Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Matakuliah Perancangan Teknik Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Andalas. In: Seminar Nasional Pengembangan Pendidikan Tinggi "Peningkatan Peran Pendidikan Tinggi dan Reformasi Kurikulum untuk Meningkatkan Daya Saing Lulusan dalam Konteks ASEAN maupun Global", 6-7 Agustus 2015, Padang.

[img] PDF
Download (4Mb)
Official URL: http://lp3m.unand.ac.id

Abstract

Sebagai salah satu matakuliah inti pendukung kompetensi utama lulusan program studi Teknik Mesin Universitas Andalas, Perancangan Teknik harus dipahami secara baik dan benar oleh mahasiswa. Pembelajaran matakuliah perancangan teknik akan memberikan pemahaman mengenai teori-teori maupun ilmu terapan yang terkait dengan ilmu disain/kerekayasaan. Untuk bidang ilmu terapan perancangan teknik, pokok bahasan yang menjadi fokus pembelajaran adalah perancangan konsep disain, proses realisasi produk, metode-metode perancangan, klarifikasi tujuan perancangan, membangun fungsi, memilih alternatif-alternatif disain dan pemilihan proses dan material. Banyaknya pokok bahasan yang diajarkan menyebabkan sebagian mahasiswa kurang mampu mempelajari dan memahami matakuliah ini dengan baik. Disisi lain, kemampuan berpikir dan karakteristik mahasiswa yang berbeda menjadikan proses belajar mengajar sukar mencapai kompetensi akhir yang dirumuskan oleh program studi. Untuk menindaklajuti permasalahan ini, maka diperlukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pokok bahasan yang terdapat dalam matakuliah perancangan teknik. Mengacu kepada karakteristik dari materi/pokok bahasan yang terdapat pada matakuliah perancangan teknik ini, pendekatan metode Project Based Learning (PjBL) dinilai sesuai untuk diterapkembangkan dalam proses belajar mengajar di PSTM Universitas Andalas. Metode PjBL akan mendorong mahasiswa untuk lebih berperan aktif dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan keteknikan dalam menyelesaikan permasalahan teknis dari sebuah proyek yang berhubungan dengan materi matakuliah yang diajarkan. Pada makalah ini, akan disajikan metodologi penerapan strategi pembelajaran dengan metode PjBL dan indikator penilaian yang menjadi acuan dalam melakukan evaluasi terhadap kompetensi akhir yang didapatkan oleh mahasiswa. Dari hasil implementasi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PjBL pada matakuliah perancangan teknik dapat meningkatkan dan memeratakan pemahaman pengetahuan dasar perancangan teknik. Dengan demikian metoda PjBL sangat efektif untuk diterapkembangkan dalam matakuliah perancangan teknik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Mrs. Dendi Adi Saputra
Date Deposited: 15 Oct 2016 01:19
Last Modified: 15 Oct 2016 01:19
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/23830

Actions (login required)

View Item View Item