Repository Universitas Andalas

Pengaruh Penggunaan Berbagai Aktivator dengan Konsentrasi Berbeda terhadap Aktivitas Proteolitik Papain Kasar Getah Buah Pepaya(Caricapapaya, L.)

Deivy Andhika Permata, Deivy Andhika Permata and Makna Nibenia Hulu, Makna Nibenia Hulu and Ira Desri Rahmi, Ira Desri Rahmi Pengaruh Penggunaan Berbagai Aktivator dengan Konsentrasi Berbeda terhadap Aktivitas Proteolitik Papain Kasar Getah Buah Pepaya(Caricapapaya, L.). In: Semirata BKS PTN Wilayah Barat Bidang Ilmu Pertanian, Agustus 2016.

[img] PDF
Download (5Mb)

Abstract

Papain termasuk golongan enzim protease sulfihidril yang aktivitasnya dapat dihambat oleh senyawa oksidator, alkilator, dan logam berat. Kinerja dari papain dapat ditingkatkan dengan menggunakan beberapa jenis senyawa yang berperan sebagai aktivator. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan berbagai aktivator pada konsentrasi berbeda terhadap aktivitas papain kasar yang dihasilkan dari getah buah pepaya. Penelitian ini menggunaakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan 2 Faktor. Faktor A (jenis aktivator) terdiri dari 3 taraf yakni A1 (aktivator NaCl), A2 (aktivator KCl),dan A3 (aktivator Na2S2O5). Faktor B (konsentrasi aktivator) terdiri dari 2 taraf yakni B1 (konsentrasi 0,5 %), dan B2 (konsentrasi 1 %). Analisis data menggunakan Analisis of Varian (ANOVA), dan hasil yang berbeda nyata dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan interaksi NaCl dengan konsentrasi 1 % menghasilkan aktivitas proteolitik tertinggi sebesar 194,653µg/ml dengan kadar protein10,13% dan kadar air 9,86%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: S.Si, M.Si Deivy Andhika Permata
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:54
Last Modified: 30 Nov 2016 04:54
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/23866

Actions (login required)

View Item View Item