Repository Universitas Andalas

Uji Daya Hambat Bakteri Pada Pelamik Semen Ionomer Kaca Yang Ditambahkan Antimikroba Setilpiridinium Klorida (CPC) Terhadap Streptokokus Mutans Secara In Vitro

Kusuma, Nila Uji Daya Hambat Bakteri Pada Pelamik Semen Ionomer Kaca Yang Ditambahkan Antimikroba Setilpiridinium Klorida (CPC) Terhadap Streptokokus Mutans Secara In Vitro. Dentika, 19 (1).

[img]
Preview
PDF (self archive)
Download (165Kb) | Preview

Abstract

Prosedur pembuangan sebagian jaringan karies gigi dapat memungkinkan menyisakan mikroorganisme didalam kavitas gigi. Aplikasi bahan pelapik kedalam kavitas dapat melindungi pulpa dari invasi bakteri yang masih tersisa di dentin. Pelapik semen ionomer kaca (GIC) mampu melepaskan fluorida yang bersifat bakteriostatik namun masih tergolong lemah. Penambahan antimikroba setilpiridinium klorida (CPC) pada pelapik GIC dapat meningkatkan efek antibakteri pelapik dalam menghambat pertumubuhan Streptococcus mutans. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besar daya hambat pelapik GIC yang ditambahkan CPC dalam menghambat pertumbuhan Streptococcus mutans. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi FMIPA Universitas Andalas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan jumlah sampel masing-masing perlakuan terdapat 6 sumuran. Penelitian ini menggunakan GIC tipe III yang ditambahkan CPC 2%, 3%, 4% dan tanpa penambahan CPC sebagai kontrol negatif. Hasil pengujian daya hambat, pelapik GIC yang ditambahkan CPC ini menggunakan metode difusi agar dengan sumuran. Hasil peneltian menunjukkan rata-rata zona hambat paling besar yang menghambat Streptococcus mutans adalah pelapik GIC yang ditambahkan CPC 4%. Hasil uji One way ANOVA menunjukkan terdapat perbedaan bermakna diameter zona hambat pelapik GIC yang ditambahkan CPC dengan tanpa penambahan CPC terhadap pertumbuhan Streptococcus mutans (p<0,05).Kesimpulan penelitian ini pelapik GIC yan ditambahkan CPC dapat meningkatkan efek antibakteri pelapik GIC dalam menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: sry sartika
Date Deposited: 31 Oct 2017 07:38
Last Modified: 31 Oct 2017 07:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/24097

Actions (login required)

View Item View Item