Repository Universitas Andalas

KAJIAN YURIDIS PERJANJIAN TENTANG PEMBENTUKAN KOMUNITAS EKONOMI ASEAN (ASEAN ECONOMIC COMMUNITY) TAHUN 2015 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INDONESIA

Delfiyanti, Delfiyanti (2013) KAJIAN YURIDIS PERJANJIAN TENTANG PEMBENTUKAN KOMUNITAS EKONOMI ASEAN (ASEAN ECONOMIC COMMUNITY) TAHUN 2015 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INDONESIA. Jurnal Luar Negeri, 30 (1). pp. 9-26.

[img]
Preview
PDF (self archive)
Download (1144Kb) | Preview

Abstract

Ide Komunitas Ekonomi ASEAN pada dasarnya memang di dorong oleh berbagai perubahan yang terjadi pada perekonomian dunia, apalagi dengan kemunculan dua raksasa ekonomi dunia Asia yakni Cina dan India yang kini semakin di lirik dunia. Untuk itu, pembentukan Komunitas Ekonomi ASEAN dengan segala perjanjian yang ada didalamnya memberikan implikasi yuridis bagi Negara-negara anggota ASEAN. Dalam hal ini, pemikiran mengenai pembentukan Komunitas Ekonomi ASEAN atau yang lebih dikenal dengan ASEAN Economic Community (AEC) diluncurkan pada awalnya oleh Perdana Menteri Singapura, Goh Cok Tong, pada KTT ke-8 ASEAN di Phom Penh tanggal 4 November 2002. Akhirnya pada KTT ASEAN ke-13 di Singapura tanggal 19-22 November 2007 ditandatangani dua dokumen penting dalam rangka kerjasama ASEAN yaitu Piagam ASEAN (ASEAN Charter) dan Cetak Biru Asean Economic Community. Piagam ASEAN (ASEAN Charter) baru berlaku pada tanggal 15 Desember 2008 setelah melalui ratifikasi dari Negaranegara anggota ASEAN sehingga telah mensahkan sebuah piagam yang membuat blok regional itu menjadi sebuah lembaga yang sah untuk pertama kalinya. Sedangkan Indonesian sendiri merupakan salah satu Negara anggota ASEAN yang ikut serta menandatangani perjanjian tersebut. Ada konsekuensi yuridis terhadap penandatangan dan ratifikasi Piagam ASEAN tersebut bagi Indonesia. Dalam hal ini Indonesia akan terikat pada perjanjian tersebut termasuk isi Piagam ASEAN dimana salah satunya memuat tentang pembentukan Komunitas ASEAN (ASEAN Community). Dalam Koumunitas ASEAN juga melingkupi pembentukan Komunitas Ekonomi ASEAN pada tahun 2015. Oleh karena itu, Indonesia harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dan kesempatan dalam menyongsong Komunitas Ekonomi ASEAN pada tahun 2015 tersebut.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: sry sartika
Date Deposited: 01 Nov 2017 04:07
Last Modified: 01 Nov 2017 04:07
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/24117

Actions (login required)

View Item View Item