Repository Universitas Andalas

Perbandingan Ko-substrat Optimum pada Sistem Batch dan Bioreaktor Membran Anoksik-osik Kontinu dalam Biodegradasi Zat Warna Azo

Komala, Puti Sri and Effendi, Agus Jatnika and Wenten, IG. and Wisjnuprapto , Wisjnuprapto (2010) Perbandingan Ko-substrat Optimum pada Sistem Batch dan Bioreaktor Membran Anoksik-osik Kontinu dalam Biodegradasi Zat Warna Azo. Seminar Teknik Kimia Soehadi Reksowardojo .

[img]
Preview
PDF (self archive)
Download (259Kb) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini konsentrasi limbah tempe optimum untuk biodegradasi zat warna azo Remazol Black-5 sebagai ko-substrat dalam percobaan batch aerob dibandingkan dengan bioreaktor membran (BRM) anoksik-oksik kontinu. Bioreaktor terdiri dari kontak-stabilisasi serta reaktor anoksik yang dikombinasikan dengan membran ultrafiltrasi eksternal yang beroperasi dengan waktu retensi hidrolis tangki anoksik, kontak dan stabilisasi konstan yaitu 4, 2 dan 4 jam. Penggunaan limbah tempe optimum pada proses batch tanpa dan dengan penambahan zat warna secara aerob nilainya tidak jauh berbeda, demikian juga pada proses kontinu menggunakan bioreaktor membran anoksikoksik yaitu sekitar 2080-2400 mg/L dengan penyisihan warna dan senyawa organik sebesar 63% dan 81%. Pada percobaan seeding secara batch aerob selama waktu percobaan 48 jam tidak terjadi penyisihan warna yang signifikan, meskipun pertumbuhan biomassa cukup tinggi. Namun dengan kombinasi anoksik-oksik dengan waktu retensi hidrolis yang lebih singkat sehingga penyisihan warna dan senyawa organik terjadi sekaligus, lebih efektif dibandingkan proses aerob yang dilakukan pada waktu yang jauh lebih panjang. Terdapat korelasi yang erat antara besarnya zat warna yang disisihkan dengan ko-substrat yang dibutuhkan biomassa untuk proses penyisihan warna tersebut. Diperkirakan bahwa metabolit yang terbentuk pada fase anoksik berperan pada penggunaan ko-substrat pada fase aerob di tangki kontak dan stabilisasi berikutnya.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan
Depositing User: sry sartika
Date Deposited: 02 Nov 2017 05:51
Last Modified: 02 Nov 2017 05:51
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/24134

Actions (login required)

View Item View Item