Repository Universitas Andalas

Analisis Kepuasan Kerja Tenaga Perawat dan Tenaga Non Medis dalam Kaitan dengan Peningkatan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Rumah Sakit di Sumatera Barat)

Mulyati , Yofina and Lukito, Hendra (2008) Analisis Kepuasan Kerja Tenaga Perawat dan Tenaga Non Medis dalam Kaitan dengan Peningkatan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Rumah Sakit di Sumatera Barat). Jurnal Bisnis & Manajemen, 4 (3).

[img] Microsoft Word (Analisis Kepuasan Kerja Tenaga Perawat dan Tenaga Non Medis dalam Kaitan dengan Peningkatan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Rumah Sakit di Sumatera Barat)) - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (62Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja tenaga perawat dan tenaga non medis serta pengaruh kepuasan kerja tersebut terhadap kepuasan pelanggan/pasien rumah sakit di Sumatera Barat. Sebagai variabel independen yang digunakan adalah kepuasan kerja yang terdiri dari pekerjaan itu sendiri, rekan kerja, atasan, kompensasi, dan kesempatan promosi sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan/pasien. Selanjutnya akan diuji apakah kepuasan kerja tenaga perawat dan tenaga non medis meng-intervening hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja dengan kepuasan pelanggan. Analisis regresi linier berganda dan pengujian secara serentak yang dilakukan menunjukkan bahwa pekerjaan, rekan kerja, atasan, kompensasi, dan kesempatan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat dan tenaga non medis. Sedangkan pengujian secara parsial, ternyata hanya faktor pekerjaan dan atasan yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat dan tenaga non medis, sedang faktor lainnya tidak signifikan. Hasil penelitian ini selanjutnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan kerja perawat dan tenaga non medis terhadap kepuasan pelanggan, dimana semakin dirasakannya kepuasan perawat dan tenaga non medis maka akan memberikan kepuasan pula terhadap pelanggan/pasien. Keywords: Kepuasan karyawan, kepuasan pelanggan, tenaga perawat, tenaga non medis

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: S.Si Fitria Ramona
Date Deposited: 08 Jun 2010 14:50
Last Modified: 08 Jun 2010 14:50
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/2534

Actions (login required)

View Item View Item