Repository Universitas Andalas

ANALISIS BUDAYA ORANG MINANG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK

Machdaliza, SH, MSi, (2010) ANALISIS BUDAYA ORANG MINANG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img] PDF
Download (171Kb)
Official URL: lp unand.ac.id

Abstract

ABSTRAK Fenomena menunjukkan bahwa masyarakat merasa tidak puas dengan mutu pelayanan Rumah Sakit yang ada saat ini. Dari keterangan kepala dinas kesehatan kota Padang dalam sebuah diskusi mengatakan bahwa semua prosedur standar pelayanan yang diatur dalam lingkup standar mutu pelayanan telah dilaksanakan di rumah sakit yang ada di kota Padang, namun tetap saja orang mengatakan mutu pelayanan kurang memuaskan. Kalau secara teknis telah dilaksanakan prosedur sesauai aturan tentu ada faktor lain yang mesti dicermati. Penelitian ini mencoba melihat dari sisi sosial budaya. Secara sosiologis, latar belakang budaya seseorang akan berpengaruh dalam tindakannya.Penelitian ini bertujuan a). menguraikan proses yang dijalankan dalam menerapkan mutu pelayanan kesehatan di RS. DR.M.DJAMIL Kota Padang; b). mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai sosial budaya yang berhubungan dengan penerapan mutu pelayanan khususnya terhadap perilaku petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan di RS. DR.M.DJAMIL Kota Padang Penelitian dilakukan di RSUP DR. M. Djamil dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan obeservasi dengan informan petugas kesehatan dan para pasien yang pernah berobat ke rumah sakit tersebut. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pada dasarnya RSUP. DR. M. Djamil telah melaksanakan upaya-upaya untuk memberikan pelayanan yang memuaskan terhadap para pelangganya. Berbagai ketentuan dan persyaratan baik administratif maupun sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk memberikan pelayanan yang memuaskan telah disediakan oleh rumah sakit. Pelayanan secara medis tidak menjadi persoalan bagai para pasien, para pasien cukup puas dengan pelayanan medis yang diberikan oleh rumah sakit, akan tetapi para pelanggan nampaknya masih belum merasa mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari para petugas kesehatan terutama dari segi perilakunya. Para petugas kesehatan masih perlu meningkatkan perilaku ramah, senyum, sapa dalam memberikan pelayanan terhadap pelangganya. Pada dasarnya nilai-nilai sosial yang mendasari para petugas kesehatan untuk berlaku ramah, sopan, senyum sudah ada dalam budaya masyarakat Minangkabau. Adat bersandi syara’, syara’ bersandi kitabullah merupakan falsafah adat Minangkabau yang penuh dengan nilai-nilai yang menganjurkan untuk berbuat ramah dan sopan pada orang lain. Senyum adalah ibadah merupakan bagian dari ajaran Islam yang dianut oleh sebagian besar penduduk Sumatera Barat. Kedudukan yang egaliter antar individu dalam proses interaksi dapat menjadi penghalang dalam memberikan pelayanan apabila individu tidak dapat membedakan antara pelayanan yang diberikan merupakan bagian dari tugas profesional dengan kedudukan dirinya sebagai individu dalam budaya masyarakat Minangkabau yang egaliter.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: lp Unand Ampera Warman
Date Deposited: 25 Jun 2010 08:04
Last Modified: 07 Mar 2011 03:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item View Item