Repository Universitas Andalas

LOKAKARYA PENGAJARAN MEMBACA DENGAN METODE PURPOSE-BASEDMODEL UNTUK GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMU SWASTA DI KOTA PADANG.

Suraiya, Lucy (2010) LOKAKARYA PENGAJARAN MEMBACA DENGAN METODE PURPOSE-BASEDMODEL UNTUK GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMU SWASTA DI KOTA PADANG. Warta pengabdian andalas, X (12). ISSN 0854-665X

[img] PDF (LOKAKARYA PENGAJARAN MEMBACA DENGAN METODE PURPOSE-BASEDMODEL UNTUK GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMU SWASTA DI KOTA PADANG.) - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (473Kb)
[img] Postscript (LOKAKARYA PENGAJARAN MEMBACA DENGAN METODE PURPOSE-BASEDMODEL UNTUK GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMU SWASTA DI KOTA PADANG.) - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2478Kb)

Abstract

Tujuan pengajaran bahasa Inggris di SMU adalah mengembangkan keterampilan membaca yaitu 50% dari total alokasi waktu tawaran kurikulum 1994. Kenyataannya, kemampuan membaca bahasa Inggris siswa masih rendah yang ditunjukkan hasil Ujian Akhir Nasional. Untuk itu perlu dilaksanakan suatu lokakarya pengajaran membaca untuk guru-guru SMU, terutama SMU swasta yang sebagian besar belum mengikuti pemantapan kerja guru, dengan mengenalkan “purposed based model” yaitu proses pembelajaran membaca yang komunikatif, lebih memperhatikan membaca, dan siswa dapat memilih dan menerapkan aktivitas lainnya dalam membaca sehingga mereka menjadi pembaca yang mandiri. Pada akhirnya siswa dibiasakan untuk dapat “self autonomous learning” (belajar mandiri melalui membaca). Metoda pengabdian dalam lokakarya ini adalah identifikasi masalah dan para guru, presentasi dari nara sumber, diskusi dengan nara sumber, dan demonstrasi. Selanjutnya dirumuskan beberapa alternative pemecahan masalah.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 02 Jul 2010 07:27
Last Modified: 22 Sep 2011 08:09
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/3477

Actions (login required)

View Item View Item