Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TERHADAP JASA EKSTERNAL AUDIT PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN NON PUBLIK DI KOTA PADANG

Desrianti, Rahmi and Enkoswari, Enkoswari and Ali, Syahril (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TERHADAP JASA EKSTERNAL AUDIT PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN NON PUBLIK DI KOTA PADANG. Project Report. Lembaga Penelitian Universitas Andalas. (Unpublished)

[img] PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN TERHADAP JASA EKSTERNAL AUDIT PADA PERUSAHAAN- PERUSAHAAN NON PUBLIK DI KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1611Kb)

Abstract

Eksternal audit merupakan suatu kontrol sosial yang memberikan jasa untuk memenuhi kebutuhan informasi oleh pihak luar perusahaan yang diaudit. Auditor berasal dari pihak luar perusahaan yang independen yaitu akuntan publik yang telah diakui oleh pihak berwenang untuk menjalankan tugas tersebut. Jasa eksternal audit berkaitan dengan jasa atestasi yang merupakan suatu pernyataan pendapat atau pertimbangan pihak yang independen dan kompeten tentang apakah asersi suatu entitas sesuai, dalam semua hal yang signifikan, dengan kriteria yang telah ditetapkan. Jasa atestasi ini meliputi auditing, pemeriksaan (examination), review dan prosedur yang disepakati (agreed upon procedures). Jasa eksternal audit yang dimaksud dalam penelitian ini adalahjasa auditing. Jasa auditing mencakup pemerolehan dan penilaian bukti yang mendasari laporan keuangan historis suatu entitas yang berisi asersi yang dibuat oleh manajemen dengan memberikan suatu pernyataan pendapat mengenai kewajaran penyajian asersi tersebut. Asersi yang dimaksud adalah berupa laporan keuangan yang merupakan salah satu bentuk pertanggungiawaban manajemen perusahaan yang akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan baik manajemen itu sendiri maupun pihak eksternal perusahaan seperti investor atau pemegang saham, calon investor, kreditur atau calon kreditur, pemerintah dan pihak lainnya yang sama sekali tidak punya akses ke dalam perusahaan dan tidak tahu bagaimana proses laporan keuangan itu disusun oleh manajemen. Terdapat banyak faktor yang menyebabkan adanya permintaan terhadap jasa auditing. Dalam penelitian ini difokuskan pada dua faktor yaitu: (1) keinginan untuk mendapatkan kredit bank dan (2) keputusan investasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapatmemberikan sumbangan dalam meningkatkan kesadaran betapa pentingnya jasa eksternal audit dalammenilai kewajaran informasi laporan keuangan yang dibuat oleh manajemen. Hipotesis penelitian yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari faktor keinginan untuk mendapatkan kredit bank dan keputusan investasi terhadap permintaan akan jasa eksternal audit oleh perusahaan-perusahaan non publik di kota Padang. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 58 perusahaan. Data yang dikumpulkan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner model tertutup. Pengumpulan data dilakukan secara langsung yaitu dengan mendatangi perusahaan-perusahaan yang telah dipilih sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keinginan untuk mendapatkan kredit bank dengan permintaan akan jasa eksternal audit. Selanjutnya tidak terdapat hubungan yang signifrkan antara keputusan investasi dengan permintaan akan jasa eksternal audit. Namun dapat disimpulkan bahwa variabel keinginan untuk mendapatkan kredit bank dan keputusan investasi bersama-sama berpengaruh terhadap permintaan akan jasa eksternal audit.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Lembaga Penelitian Unand
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 Nov 2010 02:48
Last Modified: 21 Sep 2011 06:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/5208

Actions (login required)

View Item View Item