Arnawa, I Made (2008) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Strategi Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Aljabar Abstrak. Project Report. LP UNAND. (Unpublished)
PDF (Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Strategi Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Aljabar Abstrak)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1137Kb) |
Abstract
Aljabar Abstrak merupakan salah satu matakuliah transisi dari matakuliah-matakuliah yang lebih menekankan pada ketrampilan komputasional seperti Kalkulus dan Aljabar Linear Elementer, ke matakuliah-matakuliah yang lebih menekankan pada penalaran deduktif murni seperti Topologi dan Aljabar Linear Abstrak. Hasil belajar Aljabar Abstrak melalui pembelajaran secara konvensional kurang memuaskan dan mahasiswa cendrung pasif selama pembelajaran. Strategi Think-Talk-Write (TTW) merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika (Aljabar Abstrak). Berbeda dengan pembelajaran secara konvensional, pembelajaran dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran melalui kegiatan berpikir, merefleksikan dan menyusun ide-ide, serta menguji ide-ide itu sebelum memulai menulisnya. Untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran Aljabar Abstrak berdasarkan strategi TTW diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran yang meliputi Rencana perkuliahan (RP) dan Lembar Kegiatan mahasiswa (LKM). Pada penelitian ini dikembangakan RP dan LKM uhtuk memperkenalkan konsep group dalam tiga kali pertemuan. Kata kunci: Aljabar Abstrak, strategi think-talk-write
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Unit atau Lembaga: | Lembaga Penelitian Unand |
Depositing User: | SSi Resta Yanda |
Date Deposited: | 01 Nov 2010 02:44 |
Last Modified: | 01 Nov 2010 02:44 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/5257 |
Actions (login required)
View Item |