Repository Universitas Andalas

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK-ANAK PANTI ASUHAN AISYIYAH CABANG AMPANG KOTA PADANG MELALUI PENYULUHAN DAN PELATIHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR

Syafyahya, Leni and Yades , Efri (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK-ANAK PANTI ASUHAN AISYIYAH CABANG AMPANG KOTA PADANG MELALUI PENYULUHAN DAN PELATIHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR. Project Report. Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Andalas. (Unpublished)

[img] PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK-ANAK PANTI ASUHAN AISYIYAH CABANG AMPANG KOTA PADANG MELALUI PENYULUHAN DAN PELATIHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68Kb)

Abstract

Pada era globalisasi ini, anak-anak dan remaja kurang memiliki Kemampuan Berkomunikasi. Hal ini dapat diamati di kalangan anak-anak Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Ampang Kota Padang. Apabila keadaan ini dibiarkan, SDM anak-anak Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Ampang Kota Padang tidak berkualitas. Oleh sebab itu, kami dari tim pengabdian Fakultas Sastra berusaha untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak-anak panti tersebut melalui penyuluhan dan pelatihan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan dan penyuluhan tentang aturan dan norma dalam berkomunikasi serta bahasa yang baik dan bahasa yang benar. Di samping itu, juga akan dijelaskan penggunaan bahasa yang baik dan benar itu dalam kehidupan bermasyarakat. Setelah penyuluhan, bimbingan, pelatihan, dan perlombaan bagi anak-anak Panti Asuhan Aisyiah, ada beberapa simpulan yang dapat dikumpulkan. Simpulan itu adalah sebagai berikut:1) Anak-anak panti menyadari pentingnya penerapan aturan dan norma dalam berkomunikasi Anak-anak panti mengetahui apa itu bahasa Indonesia yang baik dan benar.2) Anakanak panti bersemangat dan berjanji akan menerapkan penggunaan bahasa yang baik dan benar serta menerapkan aturan dan norma dalam berkomunikasi.3) Anak-anak panti mulai mengerti bagaimana penerapan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka peningkatan kemampuan berkomunikasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Unit atau Lembaga: Lembaga Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Nov 2010 09:17
Last Modified: 05 Nov 2010 09:17
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/5373

Actions (login required)

View Item View Item