Repository Universitas Andalas

Pembentukan Kinerja Guru Dengan Menggunakan Analisis Faktor (Studi kasus SMAN I Batang Anai dan SMAN I Nan Sabaris)

Evanovitadewi, Evanovitadewi (2008) Pembentukan Kinerja Guru Dengan Menggunakan Analisis Faktor (Studi kasus SMAN I Batang Anai dan SMAN I Nan Sabaris). Masters thesis, Program Pascasarjana Unand.

[img] PDF (Pembentukan Kinerja Guru Dengan Menggunakan Analisis Faktor (Studi kasus SMAN I Batang Anai dan SMAN I Nan Sabaris)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (536Kb)

Abstract

Kinerja guru dide�finisikan deagan kemampuan guru dalam menguasai landasan pendidikan menguasai bahan pengajaran menyusun program pengajaran, melaksanakan program pengajaran, dan menilai hasil dan proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Kompetensi guru adalah gambaran kualitas guru dalam melaksanakan tugasnya seperti kemampuan, keterampilan, kecakapan, dan sikap guru dalam mengelola kegiatan pendidikan. Maka untuk itu perlu diketahui faktor-faktor pembentuk kinerja guru dan mengelompokkan guru-guru berdasarkan faktor-fakror pembentuk kinerja guru. Dari hasil analisis dengan menggunakan analisis faktor dengan metode komponen utama dari 25 variabel yang diteliti terdapat 10 faktor pembentuk kinerja guru yaitu: faktor penguasaan materi, faktor penilaian hasil belajar, faktor manfaat penilaian faktor motivasi belajar, faktor pelaksanaan pembelajaran, faktor hasil belajar, faktor ketuntasan belajar, faktor rencana pembelajaran, faktor strategi belajar, faktor tehnik penilaian. Hasil analisis kedua disimpulkan bahwa terdapat 4 faktor kinerja guru yaitu faktor profesional guru, faktor penguasaan pembelajaran, faktor assesment (penilaian), faktor penguasaan metode. Sedangkanuntuk mengelompokkan guru-guru berdasarkan kinerja guru terdapat 5 kelompok. Dengan kriteria pengelompokan yaitu: Kelompok I dan II faktor profesional guru, faktor penguasaan pembelajaran faktor assesment, faktor p�enguasaan metode berada pada kelompok sedang. Pada kelompok III, faktor profesional guru berada pada kelompok tinggi, s�edangkan faktor penguasaan pembelajaran, faktor assesment faktor penguasaan metode berada pada kelompok sedang. Kelompok IV, faktor penguasaan pembelajaran berada pada kelompok tinggi, sedangkan faktor profesional, faktor assesment faktor penguasaan metode berada pada kelompok sedang. Kelompok V, faktor assesment berada pada kelompok rendah dan faktor profesional, faktor penguasaan pembelajararU faktor penguasaan metode berada pada kelompok sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 15 Nov 2010 04:21
Last Modified: 15 Nov 2010 04:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/5493

Actions (login required)

View Item View Item