Repository Universitas Andalas

Pohon Klasifikasi untuk menduga faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mengikuti SPMB (Studi kasus di SMAN 12 Padang Th 2006 -2007)

Susanti, Reni (2008) Pohon Klasifikasi untuk menduga faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mengikuti SPMB (Studi kasus di SMAN 12 Padang Th 2006 -2007). Masters thesis, Program Pascasarjana Unand.

[img] PDF (Pohon Klasifikasi untuk menduga faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mengikuti SPMB (Studi kasus di SMAN 12 Padang Th 2006 -2007)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (648Kb)

Abstract

Peningkatan jenjang pendidikan sangat dibutuhkan oleh semua manusia untuk membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang dapat berfungsi optimal dalam kehidupan. Sekolah Menengah Atas (SMA) adalah salah satu jenjang pendidikan menengah yang berrujuan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Mutu suatu sekolah khususnya SMA dapat dilihat dari hasil Ujian Nasional (UN) dan banyaknya siswa lulusan tersebut yang dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) maupun PMDK (Penelusuran Minat Dan Kemampuan). Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 12 Padang berusaha meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswanya dengan melaksanakan belajar tambahan diluar proses belajar mengajar dan mengadakan Try-Out hasil kerja sama dengan Lembaga Bimbingan Belajar yang bertujuan unhrk meningkatkan persentase lulusan dengan Nilai Ebtanas Murni (NEM) melebihi standar minimal serta mampu bersaing masuk Perguruan Tinggi Negeri. Beberapa faktor yang diduga mempengaruhi keberhasilan siswa SMAN 12 Padang dalam mengikuti SPMB antara lain, nilai UN, nilai Pra UN, nilai semester 5 dan 6, nilai Try-Out (TO), IQ, Jenis Kelamin, keikutsertaan dalam les, jurusan di SMA, pilihan jurusan di SPMB serta kategori jurusan di Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mengikuti SPMB dengan menggunakan Pohon Klasifrkasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dan 404 orang siswa alumni SMAN 12 Padang angkatan 2006 dan angkatan 2007 yang mengikuti SPMB sesuai dengan tahun kelulusannya di SMA. Data disekat dengan penyekatan biner (binary splitting) untuk membentuk pohon klasifikasi awal. pohon awal yang terbentuk berukuran besar hingga hasilnya sulit untuk diinterprestasikan. Pohon besar dipangkas dengan menggunakan biaya komplektisitas (cost complexity) minimum. Kemudian dipilih pohon terbaik dengan menggunakan dugaan validasi silang lipat-l0 (L0-Fold Validation Estimate) lalu pada simpul akhir ditentukan nilai dugaan respon. Pohon terbaik yang diperoleh mempunyai satu simpul akar, satu simpul dalam dan tiga simpul akhir. Peubah pertama yang menyekat adalah nilai Pra tIN, kemudian dilanjutkan oleh nilai Try-Out. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faklor dominan yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam mengikuti SPMB adalah nilai Pra UN dan nilai Try- Out. Siswa yang mempunyai nilai Pra UN besar dari atau sama dengan 15,075 dan nilai Try Out lebih besar dali 12,675 diduga memiliki peluang keberhasilan yang lebih tinggi dalam SPMB.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 15 Nov 2010 04:21
Last Modified: 15 Nov 2010 04:21
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/5504

Actions (login required)

View Item View Item