Febrianny, Mimi (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUANG TRIASE IGD RS. DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2009. Other thesis, Fakultas Kedokteran.
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUANG TRIASE IGD RS. DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2009)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (544Kb) |
Abstract
Jumlah tenaga kesehatan yang memiliki dedikasi yang tinggi terhadap profesinya masih kurang dan yang menjadi salah satu penyebab dari keadaan ini adalah rendahnya kepuasan kerja ( job satisfaetion \.Penelitian ini bertujuen untuk mengetahui fakfor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan kerja perawat di Ruang Triase IGD RS.DR.M.Djamil Padang.Desain penelitian menggunakan studi korelasi dengan pendekatan eross sectional studi dimana populasi dan sampel adalah seluruh perawat pelaksana yang bertugas di Ruang Triase IGD yang berjumlah 24 orang, semuanya dijadikan responden.Pengolahan dan analisa data secara univariat dan bivariat untuk mengetahui hubungan faktor-fal*or kepuasan kerja perawat dilakukan uji chi square.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari24 responden terdapat 13 orang responden (54,2%) menyatakan faktor insentif kurang, 14 orang responden (58,3%o) menyatakan faktor supervisi kurang, sebagian besar responden yaitu 17 orang (70,8%) menyatakan hubungan interpersonal baik dan 13 orang responden (54,2Yo) menyatakan pendidika4 pelatihan dan pengembangan bailq sebagian besar responden yaitu 15 orang (62,5%) menyatakan ketidakpuasan kerja.Hasil uji statistik tidak terdapat hubungan yang bermakna antara insentif dengan kepuasan kerja perawat (p=0,675), terdapat hubungan yang bermakna antara supervisi dengan kepuasan kepuasan kerja perawat (p:0,000), tidak terdapat hubungan yang bermakna antara hubungan interpersonal dengan kepuasan kerja (p=0,191) dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pendidikan, pelatihan dan pengembangan dengan kepuasan kerja perawat (p=0,105).Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan oleh manajerial keperawatan guna untuk meningkatkan kepuasan keda perawat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan khususnya pelayanan keperawatan gawat darurat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Unit atau Lembaga: | Kedokteran > Program Studi Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | SSi Resta Yanda |
Date Deposited: | 22 Nov 2010 15:16 |
Last Modified: | 22 Nov 2010 15:16 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/5860 |
Actions (login required)
View Item |