Repository Universitas Andalas

ANALISIS PERILAKU KONSUMEN KOI DAS DI KOTA PADANG

Sulistin, Hanna (2009) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN KOI DAS DI KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img] PDF (ANALISIS PERILAKU KONSUMEN KOI DAS DI KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (711Kb)

Abstract

Penelitian ini dengan judul " Analisis perilaku Konsumen Kopi DAS di Kota Padang " ini telah dilaksanakan selama dua bulan mulai Oktober 2008 sampai dengan November 2008. tujuan penelitian ini adalah menganalisa perilaku konsumen kopi bubuk DAS di Kota Padang, untuk menganalisa kepuasan konsumen kopi bubuk DAS di Kota Padang, dan merumuskan upaya yang dapat dilakukan oleh industri Kopi DAS dalam meningkatkan kepuasan konsumen kopi bubuk DAS di Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metoda pengambilan sampel yang digunakan Accidental sampling. Sampel yang Digunakan dalam penelitian ini sebanyak 51 orang yaitu konsumen yang membeli kopi bubuk DAS di Kota Padang. Data yang diperoleh dijadikan se6agai data primer. Sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi-instansi yang terkait seperti Dinas Perkebunan Sumatera Barat, Dinas Perindustrian dan ite.augang* Sumatera Barat, dan Biro Pusat Statistika Sumatera Barat. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa konsumen terbanyak pada rentang 31 - 40 tahun dengan pekerjaan sebagai pegawai Negeri dengan pendapatan konsumen berada pada golongan menengah. Konsumen melalnikan^pembelian dengan jumlah I ons - 1/4 Kg, dengan frekuensi pembelian 1 kali dalam seminggu, konsumen melakukan pembelian atas saran keluarga dan atas keputusan keluarga, dengan mengutamakan kualitas. untuk atribut yang harus diperbaiki adalah atribut kemasan, distribusi, harga dan promosi. Tingkat loyalitas konsumen kopi bubuk DAS pada Industri Kopi DAS di Kota padangiberada pada tingkat loyalitas satisfied buyer (puas terhadap produk) yaitu Apabila tingkat kepuasan konsumen ggkup tinggi, maka pada umumnya tidak cukup alasan bagi pelanggan untuk beralih mengkonsumsi produk lain kecuali bila ada faktor-faktor penarik yang sangat kuat. Dari hasil penelitian ini juga diperoleh bahwa sonsumen merasa tidak puas dengan kemasan, harga dan keterjangkauan tempat rcnjualan kopi bubuk DAS tersebut. Upaya yang dapat dilakukan oleh pihak industri Kopi DAS untuk meningkatkan kepuasan konsumen yaitu pihak Indusri sopi DAS perlu memberikan kemasan produk yang baru dan lebih menarik, lebih dapat menetapkan harga yang pas untuk konsumen, memperhatikan kembali saluran distribusi yang telah digunakan oleh kopi DAS, pihak perusahaan dapat melakukan promosi lebih gencar agar dapat mempertahankan peianggan lama dan menarik konsumen baru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 24 Nov 2010 05:26
Last Modified: 24 Nov 2010 05:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/5958

Actions (login required)

View Item View Item