Repository Universitas Andalas

STRATEGI PEMASARAN ROTI PADA USAHA FAJAR DI KOTA PADANG

Susanti, Susanti (2009) STRATEGI PEMASARAN ROTI PADA USAHA FAJAR DI KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img] PDF (STRATEGI PEMASARAN ROTI PADA USAHA FAJAR DI KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (720Kb)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Strategi Pemasaran Roti Pada Usaha Fajar di Kota Padang" yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2009 pada Usaha Fajar Bakery yang beralamat di Komplek Kodam Blok I No. 1l Siteba, Padang. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh Usaha Fajar Bakery untuk meningkatkan volume penjualan di masa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus. Data-data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Sampel untuk pedagang pengecer diambil secara proporsional di masing-masing daerah pemasaran sebanyak 30 orang. Pengambilan sampel untuk konsumen akhir dilakukan secara Accidental Sampling yang dipilih sebanyak satu orang dari masing-masing pedagang pengecer. Sampel pesaing diambil berdasarkan pesaing yang ditemui di warung pada saat penelitian. Faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan roti Fajar Bakery terdiri dari faktor intemal yaitu rasa roti Fajar Bakery cukup enak, kemasan produk lebih sederhana, informasi pada label tidak lengkap, tidak menggunakan pewarna buatan. Adanya pemberian bonus untuk jumlah pembelian tertentu, sistem pembayaran tunai untuk pedagang pengecer. Daerah pemasaran cukup luas mencapai Kota Bukittinggi, Kota Solok dan Kabupaten Solok, namun pendistribusian dalam kota terbatas pada wilayah Siteba dan Ulak Karang saja, jadwal distribusi terafur, sarana transportasi milik perusahaan. Promosi yang dilakukan yaitu personal selling terbatas di tingkat pedagang pengecer dan tidak melakukan promosi kepada konsumen akhir. Faktor eksternal yang mempengaruhi yaitu banyaknya jumlah pesaing. Shategi yang bisa diterima perusahaan, yaitu: memperbaiki mutu produk, mengemas produk lebih menarik dengan informasi label yang lengkap, memaksimalkan sarana transportasi yang ada untuk menjangkau daerah distribusi yang baru dan memberikan bonus kepada pedagang pengecer dengan jumlah pembelian minimal 30 bungkus. Penulis mengharapkan pihak perusahaan dapat melaksanakan strategi pemasaran yang telah ditetapkan dengan berbagai pertimbangan sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal dari Usaha Fajar Bakery.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 09 Dec 2010 05:25
Last Modified: 09 Dec 2010 05:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6165

Actions (login required)

View Item View Item