Repository Universitas Andalas

ANALISIS BAURAN PEMASARAN PADA INDUSTRI KECIL KERUPUK KULIT SARI JANGEK DI KAMPUNG KALAWI KELURAHAN LUBUK LINTAH KECAMATAN KURANJI PADANG

Puspitasari, Poppy (2008) ANALISIS BAURAN PEMASARAN PADA INDUSTRI KECIL KERUPUK KULIT SARI JANGEK DI KAMPUNG KALAWI KELURAHAN LUBUK LINTAH KECAMATAN KURANJI PADANG. Other thesis, Fakultas Pertanian.

[img] PDF (ANALISIS BAURAN PEMASARAN PADA INDUSTRI KECIL KERUPUK KULIT SARI JANGEK DI KAMPUNG KALAWI KELURAHAN LUBUK LINTAH KECAMATAN KURANJI PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (975Kb)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Industri Kerupuk Kulit Sari Jangek yang beralamat di Kampung Kalawi Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Padang mulai bulan April sampai Juni 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas pada industri Sari Jangek dan menganalisis bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh industri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dimana pihak industri Sari Jangek dijadikan sumber data terutama data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Sumatera Barat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Padang dan BPS Sumatera Barat. Analisis data yang digunakan yaitu analisa kuantitatif dan kualitatif. Analisa kuantitatif digunakan untuk menganalisis aktivitas usaha seperti keuntungan, sedangkan analisa kualitatif digunakan untuk menganalisis bauran pemasaran yang telah dilakukan sesuai dengan teori-teori yang ada. Data yang digunakan adalah data pada periode Januari sampai Desember 2007 dengan alasan agar data yang akan dianalisis lebih menggambarkan kondisi yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode Januari - Desember 2007 Industri Sari Jangek memperoleh keuntungan bersih sebesar Rp 206.557.665,- dengan harga jual untuk kerupuk latua Kumango dan Padang Panjang sebesar Rp 110.000,-, latua Padang sebesar Rp 95.000,- dan latua Lempeng sebesar Rp 80.000,- per kg, sedangkan untuk kerupuk siap konsumsi dijual dengan harga Rp 500,- dan Rp 1000,- per bungkus. Dari hasil analisis bauran pemasaran diketahui bahwa produk yang dihasilkan oleh industri Sari Jangek termasuk kedalam produk konsumsi. Produk dikemas dalam plastik dengan merek 'Sari Jangek' sedangkan produk pesaing dengan merek 'Metro Jaya'. Harga ditetapkan dengan metoda cost plus pricing (metode penetapan harga biaya tambahan) oleh pemilik dengan tetap memperhatikan harga yang berlaku dipasaran. Dan harga yang ditetapkan oleh industri Sari Jangek lebih mahal dari harga pesaing. Dalam pendistribusiannya, produk ini hanya dipasarkan pada satu toko saja yang terdapat di wilayah kota Padang, sedangkan diluar kota Padang sudah sampai Pesisir Selatan, Pasaman, Payakumbuh. Sedangkan pada industri pesaing memasarkan produknya hanya di kota Padang dan Pariaman. Industri Sari Jangek dan industri pesaing menggunakan saluran distribusi langsung dan tidak langsung. Promosi yang telah dilakukan adalah Personal Selling. Namun, pada industri pesaing sudah melakukan iklan melalui sarana khusus yaitu media kalender, sedangkan pada industri Sari Jangek tidak melakukan iklan dalam bentuk apapun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: SSi Santi Ariningsih
Date Deposited: 09 Dec 2010 05:24
Last Modified: 09 Dec 2010 05:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6179

Actions (login required)

View Item View Item