Repository Universitas Andalas

TANGGUNG JAWAB PENGUSAHA CATERING DALAM PERBUATAN MELAWAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DI PADANG

Yetmawati, Yetmawati (2010) TANGGUNG JAWAB PENGUSAHA CATERING DALAM PERBUATAN MELAWAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DI PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img] PDF (TANGGUNG JAWAB PENGUSAHA CATERING DALAM PERBUATAN MELAWAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DI PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (478Kb)

Abstract

Setiap manusia tidak terlepas dari prediket sebagai konsumen dalam hubungan antara produsen dengan konsumen itu, kenyataan menunjukkan bahwa konsumen berada pada posisi yang lemah dan saling terkait di dalam suatu persyaratan yang telah ditetapkan. Di lain pihak pengusaha katering selaku penyelenggara di bidang usaha menjalankan fungsi sosialnya sekaligus fungsi ekonomi untuk mencari laba. Dalam upaya menyeimbangkan fungsi tersebut pihak pengusaha katering harus memperhatikan di dalam pengelolaan makanan yang higienis dan peralatan yang digunakan serta kondisi karyawannya agar kepentingan konsumen terpenuhi. Sehubungan dengan itu, digunakan pertanyaan : (a) Bagaimanakah tanggung jawab pengusaha katering terhadap konsumen? (b) Bagaimanakah cara penyelesaiannya, sehubungan dengan perbuatan melawan hukum pada pengusaha katering? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu pendekatan masalah dengan melihat norma hukum yang berlaku dan menghubungkan dengan fakta yang ada dalam masyarakat. Dari hasil penelitian yang dilakukan pihak Pengusaha katering dalam menyelenggarakan usahanya sebagai usaha jasa boga (catering) di dalam penyediaan makanan yang bermutu, tetap memperhatikan kepentingan konsumennya, seperti kepentingan fisik, ekonomi, sosial maupun kepentingan hukum walaupun demikian masih ditemui kendala di dalamnya. Dari uraian di atas jelas pihak pengusaha katering tetap memberikan perlindungan terhadap konsumennya. Oleh karena itu, kenyataan ini harus didukung dengan upaya peningkatan dan pengawasan agar pelaksanaan pemberian perlindungan terhadap konsumen terselenggara dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 09 Dec 2010 05:25
Last Modified: 22 Sep 2011 08:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6190

Actions (login required)

View Item View Item