Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA PRODUK JASA KETENAGALISTRIKAN YANG DIBERIKAN OLEH PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) WIL. SUMBAR

Noveri, M. Rizki (2010) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA PRODUK JASA KETENAGALISTRIKAN YANG DIBERIKAN OLEH PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) WIL. SUMBAR. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img] PDF (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENGGUNA PRODUK JASA KETENAGALISTRIKAN YANG DIBERIKAN OLEH PT. PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA (PERSERO) WIL. SUMBAR) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (513Kb)

Abstract

Undang-undang Dasar 1945 dalam Pasal 33 ayat (2) secara tersirat membenarkan adanya penguasaan secara penuh atau monopoli oleh pemerintah terhadap kebutuhan-kebutuhan pokok, atau vital yang menguasai kehidupan orang banyak darVatau yang sifatnya berupa pelayanan hal ini lebih dikenal dengan rnonopoli by larv. Penguasaan pemerintah terhadap kebutuhan 1,ang mengrnsai hajat hidup orang banyak tersebut dilakukan pemerintah melalui badan-badan usaha yang kita kenal dengan narna BUMN atau BUMD. Khusus dalam bidang ketenagalistrikkan penguasaan pemerintah dilakukan oleh PT. PLN (Persero). PT. PLN (Persero) adalah badan usaha yang berbentuk badan hukum, yang mempunyai dua sifat yaitu: bersifat memberikan layanan ketenagalistrikkan kepada masyarakat luas sebagai pelanggan yang membutuhkan tenaga listrik, selain itu karena berbentuk perseroan lerbatas PT. Perusahaan Listrik Negara juga bertujuan mencari laba (keuntungan). Karena kedua sifatnya tersebut PT. PLN (Persero) dihadapkan kepada dua kegiatan yang saling mempengaruhi satu sama lain, dirnana selain mernberikan pelayanan kepada masyarakat luas PT. PLN (Persero) dituntut mendapatkan keuntungan dari setiap kegiatan usaha yang dilakukannya. Satu persoalan mengemuka dari keadaan diatas tadi bagaiman PT. PLN (Persero) bisa melakasanakan kewajiban memberikan perlindungan konsumen kepada pelanggan tenaga listrik sebagaimana dimanatkan dalam UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindugan Konsumen, sedangkan ia dihadapkan pada situasi seperti tesebut diatas. Dalam hal ini peneliti merasa tertarik dan menuangkannva dalam bcntuk skripsi dengan judul "Perlindungan Konsumen Pengguna Produk Jasa Ketenagalistrikkan Yang Diberikan Oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wil. Sumbar."Penulisan skripsi ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekalan yang bersifat Yuridis Sosiologis atau penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data primer yang ada dilapangan dan kemudian disusun dan diolah secara sistematis dengan menggunakan rnetode ilmrah sehingga dapat dipertanggung jaWabkan isinya. Adapun cara-cara yang ditempuh oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wil. Sumbar dalam memberikan perlindungan konsumen kepada pelanggan tenaga listrik anlara lain; penetapan Standar Mutu Pelayanan (SMP) yang harus dipenuhi, pensosialisasian Standar Mutu Pelayanan tersebut. pemberian kompcnsasi kepada pelanggan tenaga listrik alurhrla Standar Mutu Pelavanan tidak dapat dipenuhi, dan memberikan pelayanan Dan perlakuan yang sama (tidak diskriminasi) terhadap semua Peanggan tenaga listrik dari PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wil SuMbar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 29 Nov 2010 08:17
Last Modified: 22 Sep 2011 08:24
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6224

Actions (login required)

View Item View Item