Betty Ade Rinta, Betty Ade Rinta (2010) TINJAUAN MENGENAI WANPRESTASI DALAM PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING LISTRIK PADA PT PLN ( PERSERO ) OLEH PELANGGAN DI RAYON KOTA PEKANBARU. Other thesis, Fakultas Hukum.
PDF (TINJAUAN MENGENAI WANPRESTASI DALAM PEMBAYARAN TAGIHAN REKENING LISTRIK PADA PT PLN ( PERSERO ) OLEH PELANGGAN DI RAYON KOTA PEKANBARU)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (558Kb) |
Abstract
Salah satu sektor terpenting dalam perekonomian adalah bidang kelistrikan yang penyalurannya dikelola oleh perusahaan n�egara. perusahaan Negara tersebut pada mulanya berbentuk perusahaan umum (perum) listrik Negara yang sekarang namanya berubah menjadi pT pLN (persero). wilayah kerja PT PLN (Persero) ini salah satunya adalah PT PLN (Persero) Wiiayah Riau yang mempunyai beberapa unit pelayanan antara lain unit pelayanan Rayon Kota Pekanbaru yang berkewajiban memenuhi permintaan masyarakat terhadap tenaga listrik- Syarat untuk menjadi pelanggan Rayon Kota Pekanbaru terlebih dahulu calon pelanggan harus mengisi formulir pemasangan sambungan listrik- Jika pemohonan pemasangan listriknya disetujui, maka kepada calon pelanggan diminta untuk menandatangani suatu perjanjian dimana perjanjian tersebut berbentuk perjanjian standar.Dalam pelaksanaan peqanjian sering tali tidak dapat dihindarkan terjadinya wanprestasi, yang pada umumnya dilakukan oleh pelanggan dalam hal pembayarantagthan rekening listrik. Beranjak dan hal itulah, sesuai dengan judul skripsi maka akan diangkat permasalahan yaitu : apakah faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi dalam pembayaran tagihan rekening listrik pada pT pLN (persero) Rayon Kota Pekanbaru, apa akibat yang ditimbulkan dengan terjadinya wanprestasi dalam pembayaran rekening listrik dan apa kem-udahan yang diberikan oleh PT PLN (Persero) pada pelanggan yang melakukan wanprestasi. Untuk membahas mengenai permasalahan tersebut maka digunalan metode pendekatan yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan semi terstruktur, kuesioner, dan studi dokumen kemudian diolah dengan proses editing dan tabulasi yang dilanjutkan dengan analisa kualitatif dan kwantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya wanprestasi dalam pembayaran tagihan rekening iistril pana PT pLN (Persero) Rayon kota Pekanbaru adalah pelanggan lupa/mengulur-ngulur waktu pembayarannya, keadaan ekonomi, dan pelanggan masih *ar*u- kurangnya pelayanan yang diberikan oleh pr pLN (pJrsero). wanprestasi ters;but mengakibatkan pelanggan harus membayar biaya ketedambatan, pemutusan sementara saluran listrik, dan yang lebih berat adalah pemutusan rampung saluran listrik. PT PLN (Persero) memberikan kemudahan bagr pelanggan yang melakukan wanprestasi berupa mekanisrne pembayaran tunggakan dan prosedur pemutusan sambungan listrik. Dari hasil penelitian, dengan melihat banyaknya terjadi pembayaran biaya keterlambatan dan pemutusan sambungan listrik, diharapkan kepada pelanggan untuk membayar rekening listrik tepat waktu dan kepaoa pr pLN (perslro) diharapkan untuk dapat meningkatkan pelayanannya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Unit atau Lembaga: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | KREATIF zulka hendri |
Date Deposited: | 29 Nov 2010 08:10 |
Last Modified: | 19 Sep 2011 07:44 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6273 |
Actions (login required)
View Item |