Repository Universitas Andalas

PERANAN PT ASKES (PERSERO) CABANG PADANG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI PESERTA ASKESKIN DI BIDANG KESEHATAN

Ponika, Lily (2008) PERANAN PT ASKES (PERSERO) CABANG PADANG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI PESERTA ASKESKIN DI BIDANG KESEHATAN. Other thesis, Fakultas HUkum.

[img] PDF (PERANAN PT ASKES (PERSERO) CABANG PADANG DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN BAGI PESERTA ASKESKIN DI BIDANG KESEHATAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (661Kb)

Abstract

Peranan Asuransi kesehatan dalam memberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya masyarakat miskin bersifat urgen. PT Askes (Persero) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 724llMe*eslSlVXV2004 tentang Penugasan PT Askes (Persero) dalam Pengelolaan Program Pemeliharaan Kesehatan bagi Masyarakat Miskin memiliki kewajiban moral dalam menjalankan kebijakan pemerintah tersebut. Pelayanan kesehatan yang diberikan salah satunya adalah pelayanan dalarn pengrrrusan obat-obatan. Peranan PT Askes (Persero) cabang Padang dalam memberikan pelayanan pengurusan obat-obatan menemui beberapa permasalahan yaitu: bentuk pelayanan dalam pengun$an obat-obatan bagi peserta askeskin pada PT Askes (Penero) cabang Padang, tanggung jawab PT Askes (Persero) cabang Padang terhadap peserta askeskin dalam pelayanan pengurusan obat-obatag dan kendala-kendala yang dihadapi oleh PT Askes (Persero) cabang Padang dalam memberikan pelayanan pengurusan obat-obatan bagi peserta askeskin serla ca.ra mengatasinya. Penulis menggunakan metode penelitian, yaihr metode pendekatan masalah secara yr.ridis sosiologis atau empiris, yaittr pardekatan yang menekankan aspek hukumnya berkenaan dengan masalah yang dibahas dan bagaimana pelaksanaanya di lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan atau kehendak penulis sendiri, kemudian pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan berupa studi dokumen rurtuk memperoleh data sekunder dan penelitian lapangan berupa wawancara untuk memperoleh data primer. Data-data itu kemudian dianalisis secara kualitatif Penelitian yang dilakukan mencapai hasil bahwa Pelayanan yang diberikan oleh PT Askes (Persero) cabang Padang adalah berbentuk a&ninistratif dan prosedural. Bentuk tanggung jawab sebagai wujud keseriusan dari PT Askes (Persero) cabang Padang adalah sosialisasi, pemantauan dan evaluasi, pencatatan dan pelaporarl pembayaran klaim serta penanganan pengaduan masyarakat. Kendala-kendala masih ditemui terkait pelayanan dalam pengrrusan obat-obatan dari Pemberi Pelayanan Kesehatan, keterbatasan pengetahuan dari peserta askeskin serta interen PT Askes (Persero) cabang Padang sendiri. Sejauh ini PT Askes (Persero) telah berusaha untuk menangani permasalahan tersebut dengan mencarikan solusi diantaranya bertindak cerdas dalam memanfaatkan dana yang ad4 managemen yang bailq melalcukan sosialisasi dan pendekatan kepada Pemberi Pelayanan Kesehatan (PPK), peserta askeskin, menindaklanjuti pengaduan masyarakat sesuai dengan prosedur yang ada dan mengkomunikasil<annya dengan pihak-pihak terkait.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 05 Dec 2010 02:38
Last Modified: 05 Dec 2010 02:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6391

Actions (login required)

View Item View Item