Repository Universitas Andalas

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH TEMPAT STUDY (Study Kasus : Mahasiswa Program Magister Manajemen di Padang)

Wahyuni, Mira Tri (2009) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH TEMPAT STUDY (Study Kasus : Mahasiswa Program Magister Manajemen di Padang). Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MEMILIH TEMPAT STUDY (Study Kasus : Mahasiswa Program Magister Manajemen di Padang)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (349Kb) | Preview

Abstract

Dewasa ini kepuasan pelanggan telah menjadi paradigma utama paling mendasar dalam perubahan pemasaran. Dalam dunia pendidikan khususnya, sejak adanya pembatasan subsidi oleh pemerintah terutama bagi lembaga pendidikan tinggi seperti universitas menyebabkan institusi-institusi pendidikan baik swasta maupun negeri harus bisa berusaha sendiri untuk mempertahankan dan memajukan institusinya ditengah persaingan antar institusi pendidikan tersebut. Oleh karena itu institusi-institusi pendidikan saat ini juga harus memperhatikan pelayanan terhadap konsumennya dengan memperhatikan kembali nilai-nilai pelanggan dan keinginan pelanggan agar tidak terjadi gap antara kinerja aktual yang diterima pelanggan dengan harapan mereka. Di Sumatera Barat sendiri khususnya di kota padang telah banyak universitas-universitas negeri maupun swasta yang mendirikan program Magister Manajemen sehingga semakin banyak pilihan yang ditawarkan bagi konsumen khususnya para Mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya ke program Magister Manajemen Karena itu diperlukan adanya studi yang meneliti faktor atau variabel apa saja yang mempengaruhi para mahasiswa tersebut memilih untuk melanjutkan studi ke suatu universitas. Penelitian ini mengambil tiga variabel utama dalam menilai faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen (mahasiswa) dalam mengambil keputusan memilih tempat studi, yaitu : variabel lingkungan, variabel karakteristik personal dan variabel marketing mix. Penelitian ini menggunakan metode survey atau quesioner dengan menyebarkan 150 lembar quesioner di 4 lokasi atau tempat studi yaitu MM universitas Andalas, MM Universitas negeri padang, MM Universitas putra indonesia dan MM STIE-AKBP. Analisis yang digunakan adalah analisis faktor dengan bantuan perangkat SPSS 12.00. Hasil penelitian menunjukkan untuk variabel lingkungan faktor keluarga adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pemilihan tempat studi, sedangkan untuk variabel karakreristik personal, faktor yang paling dominan adalah faktor persepsi dan untuk variabel marketing mix, faktor terbesar yang mempengaruhi keputusan pemilihan tempat studi adalah faktor tempat/lokasi. Sedangkan dari semua variabel tersebut,variabel marketing mix lah yang paling memiliki kemampuan terbesar untuk menjelaskan alasan responden memilih tempat studi. Key word: variabel lingkungan, variabel karakteristik personal dan variabel marketing mix.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Feb 2011 02:35
Last Modified: 18 Feb 2011 02:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6864

Actions (login required)

View Item View Item