Repository Universitas Andalas

PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK BEREGISTER DAN AKUNTAN PENDIDIK TIDAK BEREGISTER TENTANG ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI

Sari, Meilina Permata (2009) PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK BEREGISTER DAN AKUNTAN PENDIDIK TIDAK BEREGISTER TENTANG ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (PERSEPSI AKUNTAN PENDIDIK BEREGISTER DAN AKUNTAN PENDIDIK TIDAK BEREGISTER TENTANG ETIKA BISNIS DAN ETIKA PROFESI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (552Kb) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi persepsi seseorang tentang etika bisnis dan etika profesi. Salah satunya latar belakang pendidikan, yaitu antara akuntan pendidik beregister dan akuntan pendidik tidak beregister. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan persepsi antara akuntan pendidik beregister dengan akuntan pendidik tidak beregister. Dalam penelitian ini, persepsi terhadap etika bisnis ditinjau dari etika bersifat umum dan auditing, sedangkan persepsi terhadap etika profesi ditinjau dari kepribadian, kecakapan profesional, tanggung jawab, pelaksanaan kode etik dan penafsiran dan penyempurnaan kode etik. Jumlah sampel dalam penelitian ini 47 orang akuntan pendidik universitas negri dan swasta di kota Padang. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan lndependent Sampels T Test dengan tingkat signifikansi 5%, setelah lebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reabilitas dengan menggunakan teknik Product Moment Pearsons dan Croanbach's Alpha yang terdapat pada progaram komputer SPSS 12.0. Hasll penelitian menunjukan tidak ada perbedaan persepsi yang signifikan antara akuntan pendidik beregister dan akuntan pendidik tidak beregister tentang etika bisnis dan etika profesi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 18 Feb 2011 10:36
Last Modified: 18 Feb 2011 10:36
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6953

Actions (login required)

View Item View Item