Repository Universitas Andalas

Model Penggunaan Website E-Commerce di Indonesia : Analisa Kualitatif dan Kuantitatif

Pujani , Vera and Besra , Eri (2009) Model Penggunaan Website E-Commerce di Indonesia : Analisa Kualitatif dan Kuantitatif. Working Paper. Fakultas Ekonomi. (Unpublished)

[img] Microsoft Word (Model Penggunaan Website E-Commerce di Indonesia : Analisa Kualitatif dan Kuantitatif) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (298Kb)

Abstract

Studi ini dilakukan untuk menguji “Model Penggunaan Website E-Commerce di Indonesia menggunakan Analisa Kualitatif dan Kuantitatif”. Tulisan ini mempunyai rumusan masalah: “bagaimana faktor kualitas dan fitur dapat mempengaruhi penggunaan dan kepuasan pengguna website ecommerce di Indonesia. Kegiatan penelitian ini telah dilakukan di tiga kota yaitu, Padang, Jakarta, dan Mataram. Penelitian dilaksanakan pada permulaan tahun sampai akhir tahun 2009. Metode yang dipakai yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survey lapangan dengan menggunakan analisa statistik. Responden adalah mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi yang sedang atau telah mengambil mata kulaih Sistem Informasi Manajemen (SIM). Kusioner telah disebarkan ke tiga lokasi tersebut dengan hasil 409 respon yang terkumpul, kemudian diolah menggunakan SEM/PLS menggunakan program SmartPLS untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian terlihat bahwa kualitas sistem, kualitas infromasi dan fitur adalah penting dalam memnggunakan website ecommerce di Indonesia. Sementara untuk memberikan kepuasan pengujung, website ecommerce perlu memperhatikan faktor kualitas sistem dan manfaat dalam menggunakannya. Kualitas sistem, adalah lebih menggunakan teknologi yang user freindly, loading yang cepat dan mudah ditemukan di internet. Untuk kualitas informasi adalah kelengkapan dan up-to-date sangat penting diperhatikan pada isi dari situs perusahaan. Sementara untuk fitur-fitur yang digunakan dalam halaman-halaman situs perusahaan terlihat bahwa yang paling penting adalah alamat kontak dan fitur navigasi yang lengkap untuk browsing ke halaman situs tersebut. Media pembayaran online yang digunakan adalah penting bagi pengunjung yang ingin berbelanja melalui website ecommerce. Dan juga manfaat dalam menggunakan juga menentukan terutama berkaitan untuk efektifitas kerja pengujung selama surfing ke halaman-halaman website ecommerce Indonesia. Akhirnya, setelah dilakukan kegiatan penelitian ini, diharapkan kepada berbagai pihak untuk dapat memanfaatkan hasil penelitian sesuai dengan keperluannya sehingga hasil penelitian benar-benar memberikan kontribusi kepada perusahaan dan negara. Kata kunci: Penelitian kuantitatif, website, e-commerce

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: SSi Renny Pebrica
Date Deposited: 24 May 2010 08:40
Last Modified: 24 May 2010 08:40
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/711

Actions (login required)

View Item View Item