Repository Universitas Andalas

Model Penggunaan Website E-Commerce di Indonesia : Analisa Kualitatif dan Kuantitatif

Pujani , Vera and Eribesra , Eribesra (2008) Model Penggunaan Website E-Commerce di Indonesia : Analisa Kualitatif dan Kuantitatif. Working Paper. FAKULTAS EKONOMI. (Unpublished)

[img] Microsoft Word (Model Penggunaan Website E-Commerce di Indonesia : Analisa Kualitatif dan Kuantitatif ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (124Kb)

Abstract

Penggunaan teknologi internet dan website e-commerce mempunyai dampak yang signifikan untuk memajukan aktifitas bisnis di berbagai negara. Di Indonesia juga tidak menghindar untuk menggunakan teknologi ini. Apalagi teknologi ini dapat mengatasi masalah jarak dan lokasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor kualitas dan fitur yang digunakan oleh situs (website) di Indonesia dan penggunaan operasional aktifitas bisnis yang dilakukan melalui situs perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan pemilihan sampel snowball. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, wawancara online dan survei ke halaman situs perusahan dari responden. Pengolahan data melalui pengembangan tema (theme) dan coding. Penelitian ini menemukan bahwa faktor kualitas sistem dari sebuah situs/website adalah lebih menggunakan teknologi yang mudah digunakan (user freindly) dan loading yang cepat mudah ditemukan di internet. Untuk kualitas informasi adalah kelengkapan dan up-to-date sangat penting diperhatikan pada isi dari situs perusahaan. Untuk kualitas pelayanan, kecepatan respon dari perusahaan terhadap permintaan users adalah sebagai hal penting dalam menjalankan situs perusahaan. Sementara untuk fitur-fitur yang digunakan dalam halaman-halaman situs perusahaan terlihat bahwa yang paling penting adalah alamat kontak dan fitur navigasi yang lengkap untuk browsing ke halaman situs tersebut. Media pembayaran yang digunakan, mayoritas masih menggunakan transfer bank dan wesel, jasa pengiriman menggunakan TIKI atau perusahaan ekspedisi lainnya. Kendala terbesar adalah konsumen selalu ingin menawar dan belum biasa menggunakan customer card, tetap lebih membeli barang dari toko fisik (offline). Kata kunci: Penelitian kualitatif, situs, e-commerce

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: SSi Resta Yanda
Date Deposited: 25 May 2010 01:55
Last Modified: 25 May 2010 01:55
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item