Repository Universitas Andalas

ANALISIS USAHA DAN BAURAN PEMASARAN EMPING MELINJO PADA INDUSTRI KECIL SEROJA DI KOTA PARIAMAN

NASUTION, ZULKHAIRI (2008) ANALISIS USAHA DAN BAURAN PEMASARAN EMPING MELINJO PADA INDUSTRI KECIL SEROJA DI KOTA PARIAMAN. Other thesis, FAKULTAS PERTANIAN.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS USAHA DAN BAURAN PEMASARAN EMPING MELINJO PADA INDUSTRI KECIL SEROJA DI KOTA PARIAMAN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (379Kb) | Preview

Abstract

Penelitian tentang Analisis Usaha dan Bauran Pemasaran Emping Melinjo pada Industri Kecil Seroja di Kota Pariaman telah dilaksanakan mulai bulan April 2009 sampai dengan bulan Mei 2009. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya keuntungan dan titik impas serta menganalisis bauran pemasaran industri emping melinjo Seroja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dalam hal ini pihak industri emping melinjo Seroja dijadikan sumber data yaitu data primer, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait yaitu Badan Pusat Statistik Sumatera Barat, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Barat, Badan Pusat Statistik Kota Pariaman dan Dinas Perindustrian Perdagangan koperasi dan UKM Kota Pariaman. Analisa data yang digunakan adalah analisa kuantitatif dan deskriptif. Analisa kuantitatif digunakan untuk menganalisis keuntungan dan titik impas usaha, sedangkan analisa deskriptif digunakan untuk menganalisis bauran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan yang diperoleh industri emping melinjo Seroja selama periode Januari 2008 - Desember 2008 adalah sebesar Rp. 98.355.000,-. Industri ini mengalami kondisi impas pada saat penjualan sebesar Rp. 55.618.400,- dengan harga jual Rp 35.000 kg atau pada saat produksi sebanyak 1.585,20 kg. Dari hasil analisa terhadap bauran pemasaran diketahui bahwa produk yang dihasilkan industri emping melinjo Seroja dapat dikelompokkan kepada produk konsumsi. Harga ditetapkan dengan menggunakan metode penetapan harga biaya plus (cost plus pricing method) dengan mempertimbangkan biaya-biaya yang dikeluarkan dan laba yang diinginkan. Saluran distribusi yarrg digunakan adalah saluran distribusi langsung. Promosi hanya dilakukan dari mulut ke mulut Qtersonal selling) dan promosi yang dilakukan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman. Sehubungan dengan penelitian ini disarankan kepada pihak industri emping melinjo Seroja agar menggunakan merek pada kemasannya, distribusi produk sebaiknya tidak hanya menggunak'an distribusi langsung saja tapi juga menggunakan distribusi tidak langsung agar produk yang dihasilkan lebih mudah diperoleh konsumen. Selain itu, pihak industri hendaknya melakukan periklanan untuk meningkatkan penjualan produknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 15 Mar 2011 13:48
Last Modified: 04 Oct 2011 02:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/8169

Actions (login required)

View Item View Item