Repository Universitas Andalas

PENGUKURAN EFEKTIFITAS IKLAN "MIE SEDAAP" MENGGUNAKAN METODE EPIC MODEL

Imron, Imron (2008) PENGUKURAN EFEKTIFITAS IKLAN "MIE SEDAAP" MENGGUNAKAN METODE EPIC MODEL. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (PENGUKURAN EFEKTIFITAS IKLAN "MIE SEDAAP" MENGGUNAKAN METODE EPIC MODEL) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (344Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini menjabarkan mengenai peran EPIC Model yang terdiri dari Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication. Dalam EPIC Model, Empathy menjelaskan mengenai apakah konsumen menyukai suatu iklan dan menggambarkan bagaimana hubungan antara suatu iklan dengan pribadi mereka. Persuasion dalam model ini berperan untuk mengukur daya tarik suatu iklan yang mengakibatkan perubahan kepercayaan sikap dan keinginan berperilaku. Untuk mengukur pengetahuan yang dicapai konsumen dalam EPIC Model digunakanlah Impact atau dampak. Sedangkan komunikasi sendiri memberikan informasi mengenai kemampuan konsumen dalam mengingat pesan utama yang disampaikan dan kekuatan kesan yang ditinggalkan pesan tersebut. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah sebanyak 100 responden di kota padang yang pernah melihat iklan Mie Sedaap. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Dari penelitian diperoleh hasil bahwa iklan Mie Sedaap versi *Band Padi" mendapatkan total nilai keselurahn EPIC Model yang efektif, yaitu dengan nilai skor empati rata-rata mendapatkan 3,575, persuasi dengan skor rata-rata sebesar 3,625, dirnensi dampak atau impact mendapatkan skor rata-rata 3,60 dan komunikasi mendapatkan skor rata-rata 3,712.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 20 Mar 2011 09:54
Last Modified: 04 Oct 2011 04:42
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/8569

Actions (login required)

View Item View Item