Repository Universitas Andalas

ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL KERUPUK KULIT PADA INDUSTRI KECIL (Studi Kasus Pada Usaha Kerupuk Kulit Pusako Minang di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam)

Rahayu, Sri (2008) ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL KERUPUK KULIT PADA INDUSTRI KECIL (Studi Kasus Pada Usaha Kerupuk Kulit Pusako Minang di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam). Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PENETAPAN HARGA JUAL KERUPUK KULIT PADA INDUSTRI KECIL (Studi Kasus Pada Usaha Kerupuk Kulit Pusako Minang di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (346Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Usaha Kerupuk Kulit Pusako Minang di Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam pada tanggal 1 juni - 15 juli 2008. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang dipertimbangankan dalam menetapkan harga jual kerupuk kulit serta mengetahui dan mengukur proses penetapan harga jual kerupuk kulit berdasarkan metode harga pokok biaya variabel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Studi Kasus (case study).Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer melalui studi lapangan yaitu melakukan wawancara lansung dengan informan kunci pada industri yang bersangkutan dengan menggunakan daftar pertanyaan yang disediakan dan observasi. Data skunder di peroleh dari instansi yang berkaitan dengan penelitian. Variabel penelitian yang ingin diketahui, diukur dan dianalisa adalah faktor internal yaitu tujuan pemasaran, strategi bauran pemasaran ( produk, harga, distribusi, promosi). Faktor ekternal yaitu pelanggan, pesaing, pemasok dan sumberdana, serta biayavariabel dan biaya tetap. Analisa data yang digunakan adalah analisa data deskiptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa Faktor Internal meliputi tujuan pemasaran yang digunakan yaitu mempertahankan kualitas dari produk (Kepemimpinan Kualitas Produk) serta strategi bauran pemasaran yaitu produk yang dihasilkan merupakan barang konsumsi dengan harga bervariasi, pendistribusian menggunakan jalur langsung dan tak langsung serta promosi dilakukan secara personal selling. Faktor Eksternal meliputi harga yang ditetapkan pada setiap pelanggan tidak sama. Harga yang ditetapkan pesaing lebih rendah dari harga yang ditetapkan usaha ini. Harga beli kulit yang ditetapkan pemasok berbeda-beda. Harga jual kerupuk kulit pusako minang ditetapkan dengan memperhitungkan biaya variabel yang dikeluarkan tanpa memperhitungkan biaya tetap kecuali biaya tenaga kerja tetap dan laba yang diharapkan sebesar 20% serta mempertimbangkan faktor internal dan eksternal. Harga jual kerupuk kuit pusako minang yang diperoleh berdasarkan harga pokok biaya variabel kerupuk latua super Rp 93.346,47,-/Kg, kerupuk latua Rp 87.639.0,90/Kg dan kerupuk siap konsumsi Rp 17.469,55,-/Pack dan Rp 671.91,-/Bks. Kata Kunci : Industri Kecil, Harga Jual, Biaya dan Laba

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 23 Mar 2011 02:16
Last Modified: 10 Oct 2011 03:13
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/8635

Actions (login required)

View Item View Item