Repository Universitas Andalas

ANALISA PEMASARAN KERUPUK KULIT PADA INDUSTRI KECIL KERUPUK KULIT SARI JANGEK DI KOTA PADANG

Septiawan, Eko (2008) ANALISA PEMASARAN KERUPUK KULIT PADA INDUSTRI KECIL KERUPUK KULIT SARI JANGEK DI KOTA PADANG. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (ANALISA PEMASARAN KERUPUK KULIT PADA INDUSTRI KECIL KERUPUK KULIT SARI JANGEK DI KOTA PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (431Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Industri Kecil Kerupuk Kulit Sari Jangek yang beralamat di Kampung Kelawi Timur No. 33 Padang dari tanggal 20 Juni sampai 25 Juli 2006. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bauran pemasaran dan menghitung besarnya biaya dan margin pemasaran pada industri kerupuk kulit Sari Jangek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui pengamatan langsung dilapangan dan melakukan wawancara dengan pimpinan industri serta pedagang yang terlibat, dengan menggunakan bantuan daftar pertanyaan (kuisioner). Data sekunder diambil dari instansi terkait dan berhubungan dengan judul penelitian. Dalam kajian ini akan digunakan dua teknik analisa data yaitu analisa kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa produk yang dihasilkan oleh industri kerupuk kulit Sari Jangek terdiri dari dua jenis yaitu kerupuk "latua" (kerupuk kulit siap saji) dan kerupuk kulit siap konsumsi, harga produk ditetapkan dengan metode penetapan harga biaya tambahan dengan tetap memperhatikan harga pasar, jenis saluran distribusi yaitu saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung, bentuk promosi yang dilakukan oleh industi kerupuk kulit Sari Jangek ini adalah promosi penjualan dengan personal seling dan publisitas. Biaya pemasaran untuk masing-masing saluran adalah sebesar Ptp. 1.223,64,-kg dan untuk saluran yang pertama sedangkan biaya pemasaran untuk saluran yang kedua yaitu sebesar Rp.2.489,77,-/kg. Margin pemasaran pada saluran yang pertama adalah sebesar Rp.13.857,96,-/kg sedangkan margin pada saluran yang kedua berjumlah sebesar RP.17.930,68,'/kg, yang terdiri dari sebesar Rp.9.868,18,-/kg grosir dan Rp.8.062.5,/kg. Kata kunci : Bauran Pemasaran, Biaya Pemasaran, dan Margin Pemasaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 23 Mar 2011 02:02
Last Modified: 10 Oct 2011 06:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/8858

Actions (login required)

View Item View Item