Repository Universitas Andalas

ANALISIS PEMASARAN TELUR PADA USAHA PETERNAKAN AYAM PETELUR Hj.NURMAYENI DI KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM

Nilfahma, Emsa (2008) ANALISIS PEMASARAN TELUR PADA USAHA PETERNAKAN AYAM PETELUR Hj.NURMAYENI DI KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS PEMASARAN TELUR PADA USAHA PETERNAKAN AYAM PETELUR Hj.NURMAYENI DI KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (480Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui distribusi telur dalam pemasaran telur usaha peternakan Hj.Nurmayeni, untuk menganalisa margin pemasaran telur dan untuk mengetahui efisiensi pemasaran dalam mendistribusikan telur pada usaha peternakan Hj.Nurmayeni. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus. Adapun respoden penelitian ini adalah : peternak (Hj.Nurmayeni),pedagang pengumpul dan pedagang pengecer. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data penelitian ini adalah (1) pola saluran pemasaran yaurg terdiri dari lembaga pemasaran yang terlibat dan jumlah telur yang dipasarkan oleh masing-masing lembaga pemasaran. (2) untuk mengetahui margin pemasaran maka dikumpulkan data tentang harga yang diterima produsen dan harga yang dibayarkan konsumen, biaya yang dikeluarkan lembaga pemasaran (Rp/butir). (3) untuk mengetahui efisiensi pemasaran maka dikumpulkan data tentang jumlah telur yang dipasarkan masing-masing lembaga (butir) dan jumlah jam kerja karyawan (jam) pada setiap periode pemasaran. Analisa data yang digunakan adalah analisa data deskrip1if kualitatif untuk mengetahui pola pemasaran telur dan analisa deskriptif kuantitatif untuk mengetahui margin dan efisiensi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa untuk memasarkan telur pada usaha peternakan Hj.Nurmayeni terdapat tiga pola saluran pemasaran yaitu; 1. Peternak Konsumen (18,17%) 2. Peternak ----> Pedagang Pengecer ----> Konsumen (15,84%) 3. Peternak----> Pedagang Pengumpul----> Pedagang Pengecer ----> Konsumen (65,99%). Sedangkan margin pemasaran yang didapatkan adalah Rp 110.00/butir dan pada saluran pemasaran ketiga adalah Rp 165,00/butir. Adapun efisiensi operasional pemasaran adalah 1799,96 pada saluran pemasaran pertama, 1800 untuk saluran pemasaran kedua dan 1778,07. Farmer's share yang didapatkan adalah sebesar 80% untuk saluran pemasaran pertama dan 72,27 % untuk saluran pemasaran kedua. Kata kunci : pemasaran telur, margin pemasaran, efisiensi pemasaran, farmer's share

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Mar 2011 21:31
Last Modified: 06 Oct 2011 03:14
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/9051

Actions (login required)

View Item View Item