Repository Universitas Andalas

PEMASARAN AYAM BROILER DI KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Syukrio, Syukrio (2008) PEMASARAN AYAM BROILER DI KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PEMASARAN AYAM BROILER DI KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (338Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota, untuk mengetahui saluran dan margin pemasaran ayam broiler. Waktu penelitian dari tanggal 1 Mei 2007 sampai 1 Juni 2007. Metode penelitian adalah dengan metode survei. Pengumpulan data primer dilakukan menggunakan daftar pertanyaan, sedangkan pengumpulan data sekunder diperoleh dari buku dan instansi yang dapat menunjang penelitian ini. Saluran pemasaran dapat diukur dengan melihat jumlah saluran tataniaga yang ada, jumlah biaya yang dikeluarkan oleh masing-masing saluran. Margin pemasaran dapat diukur dengan melihat harga jual dan harga beli ternak. Responden penalitian ini adalah 60 orang yang terdiri 45 orang peternak dan 15 orang pedagang ayam broiler di Kecamatan Guguak. Data yang di dapat dari hasil penelitian dapat diolah dengan menggunakan analisa Deskriptif Kualitatif dengan menghitung biaya pemasaran, margin pemasaran, dan bagian yang diterima peternak serta keuntungan yang didapatkan oleh lembaga pemasaran. Maka dari hasil penelitian didapatkan 2 pola saluran pemasaran : (1) Produsen --> Pedagang Pemotong --> Konsumen. (2) Produsen --> Pedagang Pengumpul --> Pedagang Pemotong ) Konsumen. Untuk saluran pemasaran yang pertama didapatkan marginnya Rp 3 125/kg, biaya pemasaran Rp 78.01/kg, dan keuntungan Rp 3 046.98/kg, sedangkan untuk saluran pemasaran yang kedua didapatkan marginnya Rp 10.925/kg, biaya Rp 333.24/kg, dan keuntungan Rp 10 499.25/kg. Jadi saluran pemasaran yang lebih menguntungkan peternak adalah saluran pemasaran yang pertama karena bagian yang diterima peternak lebih besar dibandingkan bagian yang diterima peternak pada saluran pemasaran yang kedua (Saluran pertama 77.27 % dan saluran kedua 74.09 %). Kata kunci : Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran dan Ayam Broiler

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 25 Mar 2011 21:57
Last Modified: 11 Oct 2011 04:47
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/9370

Actions (login required)

View Item View Item