Repository Universitas Andalas

TANGGUNG JAWAB PT. CITRA VAN TITIPAN KILAT (TIKI) SEBAGAI BADAN USAHA DALAM PENGIRIMAN BARANG

Zulvarianti., Zulvarianti. (2008) TANGGUNG JAWAB PT. CITRA VAN TITIPAN KILAT (TIKI) SEBAGAI BADAN USAHA DALAM PENGIRIMAN BARANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (TANGGUNG JAWAB PT. CITRA VAN TITIPAN KILAT (TIKI) SEBAGAI BADAN USAHA DALAM PENGIRIMAN BARANG ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (621Kb) | Preview

Abstract

Manusia telah mengenal alat angkutan dari dimulai dengan bentuk yang paling sederhana atau tfadisional sampai kepada yang modern. Pada masa teknologi dewasa ini, sarana pengangkutan itu disamping mengengkut barang perdagangan dan orang juga tidak kalah pentingnya mengangkut barang-barang yang bersifat khusus, yaitu berupa surat dan paket. Sarana yang digunakan untuk mengangkut surat dan paket adalah dengan pengangkutan melalui POS, dan apa yang dikenal sekarang dengan Titipan Kilat. Yang merupakaa suatu bentuk perusahaan yang bergerak dalam menerima, membawa ataupun menyampaikan surat pos jenis tertentu, paket dan uang dari pengirim ke penerima dengan memungut biaya.Titipan kilat sebagai badan usaha bertanggung jawab atas keselamatan barang yang dikirim sebagai salah satu untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Dari latar belakang tersebut timbul perumusan permasalahan yang hendak diteliti yaitu Bagaimana Proses lahirnya peryanjian pengiriman barang pada PT. Citra Van Titipan Kilat. Apa Tanggung jawab PT. Citra Van Titipan Kilat bila pengiriman barang tidak berlangsung dengan selamat dan Kendala apa yang dihadapi para pihak dalam pelaksanaan tanggung jawab tersebut oleh PT. Citra Van Titipan Kilat. Penelltian bersifat deskriptif dengan menggunakan metode secara yuridis sosiologis yaitu penelitian hukum dengan melihat norma-norma atau ketentuan hukum vang berlaku dan menghubungkannya dengan fakta yang ditemui di lapangan. yang menngunakan teknik pengumpulan data secara studi dokumen dan wawancara. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa prosss lahirnya perjanlian pengiriman bareng pada PT. Citra Van Titipan Kilat adaiah konsumen mendatangi kantor titipan kiat bagian penerimaan untuk mengirimkan barang kirimannya dan memberitahukan secara jelas barang kirimannya tersebut, setelah itu konsumen memilih jasa apa yang digunakannya dan membayar lunas semua biaya pngiriman sesuai dengan yang ditetapkan dan konsumen sepatakat untuk menandatangani apa yang terdapat didalam konsignment note dan perjanjian ini bersifat bersifat final artinya apabila tidak ada klaim dari pengirim maka perjanjian tersebut sudah selesai. dan titipan kilat melaksanaakan tanggung jawab bila pengiriman barang tidak berlangsung selamat. dengan mengganti kerugian pengiriman berupa uang yaitu 10 kali biaya pengiriman untuk barang yang rusak atau hilang serta kendala yang dihadapi pihak adalah tergantung dari pihak ketiga dalam pengangkutan barang, tidak jelasnya alamat yang diberikan pengirim dan dari pihak penerima sendiri belum mengerti bagaimana kinerja dari titipan kilat, tetapi titipan kilat sebagai badan usaha terus memberiian pelayanan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 28 Mar 2011 08:26
Last Modified: 12 Oct 2011 02:15
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/9525

Actions (login required)

View Item View Item