Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PEMAKAI JASA PENGIRIMAN BARANG PADA PT. APM CARGO PADANG

Indriany, Indriany (2008) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PEMAKAI JASA PENGIRIMAN BARANG PADA PT. APM CARGO PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PEMAKAI JASA PENGIRIMAN BARANG PADA PT. APM CARGO PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (325Kb) | Preview

Abstract

Kemajuan telekomunikasi telah memperluas arus transaksi barang dan jasa yang berdampak pada kedudukan pelaku usaha dan konsumen menjadi tidak seimbang. Untuk itu perlu adanya perlindungan atau jaminan hukum yang lebih tegas terhadap konsumen. Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen pemakai jasa pengiriman barang dan kendala dalam perlindungan hukum tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis artinya pendekatan masalah dengan melihat atau mempelajari norma hukum yang berlaku dan menghubungkannya dengan fakta yang ada dalam masyarakat. Adapun jenis dan sumber data yang penulis gunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapat melalui teknik wawancara dan studi kepustakaan. Kemudian data tersebut dianalisis secara kualitatif yaitu menguraikan data yang bukan berupa angka-angka, tetapi dengan menguraikannya dalam bentuk kalimat- kalimat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa PT. APM Cargo dalam menyelenggarakan jasanya sebagai perusahaan pengiriman barang secara cepat dan juga menerapkan perjanjian standar. Dalam perjanjian pengiriman barang perusahaan ini telah memperhatikan kepentingan konsumen baik secara fisk dan hukum. Pihak perusahaan memberikan perlindungan dalam bentuk memberikan ganti rugi pada pengirim atas hilang atau berkurangnya isi kiriman yaitu sebesar 10 kali dari biaya pengiriman, mengembalikan ongkos kirim untuk jenis ONS (One Night Service). Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa PT. APM Cargo sudah memberikan perlindungan terhadap konsumen dengan cukup baik, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat pengalihan tanggung jawab perusahaan atas kerugian yang dialami konsumen, serta pihak perusahaan tidak mencantumkan secara tertulis tentang semua hak yang akan didapat konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: masanori sari ariningsih
Date Deposited: 01 Apr 2011 07:50
Last Modified: 04 Oct 2011 07:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/9569

Actions (login required)

View Item View Item