Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENGGUNA SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) BANKING PADA PT BANK NEGARA INDONESIA SERSERO) Tbk. KANTOR CABANG BUKITTINGGI

Yohanes, Lisa Fatma (2008) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENGGUNA SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) BANKING PADA PT BANK NEGARA INDONESIA SERSERO) Tbk. KANTOR CABANG BUKITTINGGI. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENGGUNA SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) BANKING PADA PT BANK NEGARA INDONESIA SERSERO) Tbk. KANTOR CABANG BUKITTINGGI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (532Kb) | Preview

Abstract

Layanan elektronik bank yang banyak digemari masyarakat sekarang yaitu SMS BankiNg. Nasabah dapat bertransaksi perbankan baik finansial maunpun non finansial kapanpun dan dimanapun berada dengan cara ketik SMS. Namun seiring pemanfaatannyA SMS Banking menimbulkan permasalahan hukum seperti kerugian yang harus diterima oleh nasabah. Di Indonesia belum ada aturan khusus yang mengatur tentang SMS Banking, namun ada beberapa aturan hukum yang dilihat dari aspek normatifnya dapat memberikan perlindungan terhadap nasabah, seperti KUH Perdata Buku Ketiga tentang perikatan, Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang PerbankaN Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan PBI Nomor 7l7lPBU2005 tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah. Permasalahan yang penulis angkat dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana bentuk perlindungan hukum oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. terhadap nasabah dalam transaksi keuangan melalui SMS Banking, Bagaimana mekanisme penyelesaian sengketa antara pihak bank dengan nasabah dalam transaksi keuangan melalui SMS Banking pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Kendala-kendala yuridis apa yang ditemukan dalam melakukan perlindungan terhadap nasabah pengguna SMS Banking pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Penelitian yang penulis lakukan bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan masalah secara yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini berupa wawancara dan studi dokumen. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa walaupun bank telah melakukan perlindungan sedemikian rupa terhadap nasabah SMS Banking, namun masih terdapat pengaduan dari nasabah yang merasa dirugikan dari pemanfaatan produk ini. Hal ini terjadi karena belum adanya aturan khusus yang mengatur SMS Banking.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 Apr 2011 08:00
Last Modified: 12 Oct 2011 06:56
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/9837

Actions (login required)

View Item View Item