Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PEMAKAI JASA ANGKUTAN PADA CV. PAGARUYUNG TOURS and TRAVEL CABANG PADANG

Fauzana, Wenny (2008) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PEMAKAI JASA ANGKUTAN PADA CV. PAGARUYUNG TOURS and TRAVEL CABANG PADANG. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PEMAKAI JASA ANGKUTAN PADA CV. PAGARUYUNG TOURS and TRAVEL CABANG PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (472Kb) | Preview

Abstract

Transportasi jalan mempunyai peranan penting dan strategis sebagai penunjang, pendorong dan penggerak pembangunan nasional demi peningkatan kesejahteraan rakyat. Hal ini tidak lepas dari peran serta perusahaan penyedia jasa angkutan sebagai sarana untuk mewujudkannya, salah satunya angkutan sewa khusus atau biasa disebut travel. Masyarakat menempatkan penyedia jasa angkutan tersebut sebagai penunjang dalam keberagaman kepentingannya baik dalam pengangkutan barang maupun pengangkutan orang. Pada umumnya pengangkutan tersebut didasarkan pada perjanjian standar yang mengakibatkan kedudukan antara pengangkut dan pengguna jasa angkutan menjadi tidak seimbang. Maka diperlukan perlindungan hukum bagi pengguna jasa angkutan untuk mendapatkan kepastian atas jasa yang ditawarkan oleh pengangkut agar dapat melindungi dirinya serta menumbuh kembangkan sikap pelaku usaha yang bertanggung jawab dalam melaksanakan pengangkutan yang aman dan selamat sampai ke tujuan. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen pemakai jasa angkutan pada CV. Pagaruyung Tours and Travel yang juga berkaitan dengan tanggung jawab CV. Pagaruyung Tours and Travel terhadap konsumen pemakai jasa angkutan serta kendala-kendala yang dihadapi CV. Pagaruyung Tours and Travel dalam perlindungan hukum bagi konsumen pemakai jasa angkutan dan upaya penyelesaiannya. Dalam penulisan skripsi ini, penulis melakukan penelitian yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian pustaka dan penelitian lapangan yaitu dengan melakukan wawancara secara semi terstruktur dengan pimpinan, karyawan dan konsumen CV. Pagaruyung Tours and Travel Cabang Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan yang diberikan CV. Pagaruyung Tours and Travel Cabang Padang kepada konsumen (penumpang) berupa jaminan asuransi dan jaminan hukum untuk dapat menuntut hak-haknya apabila dirugikan oleh pengusaha selama pengangkutan berlangsung. Tanggung jawab perusahaan atas kerugian konsumen akibat pengangkutan diasuransikan melalui PT. (Persero) Asuransi Kerugian Jasa Raharja untuk menutup akibat keuangan disebabkan kecelakaan penumpang dalam perjalanan, di samping itu perusahaan juga memberikan santunan karena bagaimana pun pelaku usaha bertanggung jawab atas jasa yang diperdagangkannya. Meskipun demikian masih ada kendala dalam pemberian perlindungan hukum, tidak saja dari pihak konsumen tapi juga pelaku usaha yang sama-sama kurang menyadari hak-hak dan kewajibannya terutama perlunya tiket diterima oleh konsumen sebagai bukti pedanjian karena disana tercantum klausula perjanjian pengangkutan yang diadakan, hal ini menghambat kelancaran pengangkutan, dalam menyelesaikan permasalahan tersebut para pihak bermusyawarah demi menjaga hubungan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 05 Apr 2011 01:48
Last Modified: 04 Oct 2011 04:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/9993

Actions (login required)

View Item View Item