Repository Universitas Andalas

IDENTIFIKASI TOKOH JANIR DALM NOVEL ULAR KEEMPAT KARYA GUS TF SAKAI (ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA)

Yelly, Prina (2008) IDENTIFIKASI TOKOH JANIR DALM NOVEL ULAR KEEMPAT KARYA GUS TF SAKAI (ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (IDENTIFIKASI TOKOH JANIR DALM NOVEL ULAR KEEMPAT KARYA GUS TF SAKAI (ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (487Kb) | Preview

Abstract

Ular Keempat merupakan novel yang sarat dengan persoalan religiusitas Islam. Nuansa religiustas Islam tersebut terlihat melalui penyampaian cerita yang menggunakan pergulatan batin ketika menjalankan ibadah haji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bentuk-bentuk identifikasi tokoh utama yang bernama Janir, sebab terjadinya identifikasi tokoh Janir dan menjelaskan akibat terjadinya identifikasi tokoh Janir dalam novel Uar Keempat. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Psikoanalisis Sigmund Freud dan Psikologi Analitik Carl Gustav Jung. Freud mengklasifikasikan kepribadian menjadi tiga bagian, yaitu (1) sistem kepribadian, (2) perkembangan kepribadian, dan (3) dinamika kepribadian. Psikologi Analitik Carl Gustav Jung mengklasifikasikan kepribadian menjadi dua, yaitu (1) struktur kepribadian dan (2) dinamika kepribadian. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, penulis menemukan bentuk-bentuk identifikasi yang dialami Janir. Bentuk-bentuk identifikasi yang dialami tokoh Janir, yaitu dalam bidang agama, sosial budaya dan politik. Bidang-bidang tersebut berupa harapan dan kenyataan yang dihadapi Janir melalui tokoh-tokoh identifikasinya. Identifikasi tersebut terjadi karena frustasi, konflik batin dan kecemasan yang dialami Janir. Identifikasi itu mengakibatkan timbulnya obsesi, trauma perang, perlawanan dalam diri tokoh tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 13 May 2011 08:12
Last Modified: 12 Oct 2011 04:04
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10591

Actions (login required)

View Item View Item