Repository Universitas Andalas

IMPACTS OF ALIENATION IN CAPITALIST SYSTEM TOWARD SLAVES AS SEEN IN HARRIET STOWE'S UNCLE TOM'S CABIN

Putra, Wide (2008) IMPACTS OF ALIENATION IN CAPITALIST SYSTEM TOWARD SLAVES AS SEEN IN HARRIET STOWE'S UNCLE TOM'S CABIN. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (IMPACTS OF ALIENATION IN CAPITALIST SYSTEM TOWARD SLAVES AS SEEN IN HARRIET STOWE'S UNCLE TOM'S CABIN) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (369Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang alienasi yang terjadi pada para budak di Amerika yang di refleksikan melalui novel karya Harriet Stowe yang berjudul Uncle Tom's Cabin, khususnya di Bagian Selatan Amerika pada abad 19. Perbudakan itu terjadi di Selatan Amerika karena berbatasan dengan Meksiko dan negara-negara Amerika Selatan. Negar-negara yang di dominasi oleh bangsa kulit hitam yang dibawa dari Afrika untuk diperbudakkan di benua Amerika pada abad itu. Ini adalah merupakan sebuah fakta bahwa budak-budak tersebut dianggap properti dan dimanfaatkan sebagai pekerja. Seperti sebuah stigma yang mengatakan kalau mereka diciptakan memang sebagai budak. Metodologi yang digunakan dalam menganalisa novel ini, penulis menggunakan pendekatan Marxis oleh Karl Marx dan Friedrich Engels dengan Teori Alienasinya. Yaitu sebuah sistem yang membuat suatu grup minoritas tersingkirkan, baik secara ekonomi ataupun status. Marxisme itu sendiri merupakan politik praktis yang berdasarkan interpretasi karya dalam beragam bentuk politik dan pola pikir. Setelah menganalisa novel uncle Tom's Cabin secara seksama, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa sistem yang dirancang para kapitalis berupa alienasi itu membunuh kaum budak yang teralienasi, baik secara otonomi, kehidupan dan hak azasi sebagai manusia. Hikmah yang bisa diambil mensketsakan bahwa perbudakan itu adalah sesuatu yang benar-benar kejam dan merupakan suatu lembaga setan yang harus dihapuskan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 01:01
Last Modified: 11 Oct 2011 03:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10695

Actions (login required)

View Item View Item