Repository Universitas Andalas

A PORTRAIT OF DOMESTIC VIOLENCE TOWARD BLACK WOMEN IN ALICE WALKER'S "THE THIRD LIFE OF GRANGE COPELAND"

Agustia, Jennifer (2008) A PORTRAIT OF DOMESTIC VIOLENCE TOWARD BLACK WOMEN IN ALICE WALKER'S "THE THIRD LIFE OF GRANGE COPELAND". Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (A PORTRAIT OF DOMESTIC VIOLENCE TOWARD BLACK WOMEN IN ALICE WALKER'S "THE THIRD LIFE OF GRANGE COPELAND") - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (414Kb) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis ingin membahas tentang kekerasan dalam rumah tangga masyarakat kulit hitam di Amerika serikat bagian selatan. Hal ini terdapat dalam sebuah karya pertama penulis kulit hitam yang menyebut dirinya sebagai womanist bernama Alice Walker. Karyanya yang berjudul The Third Life of Grange Copeland menggambarkan kondisi kehidupan sebuah keluarga kulit hitam yang sarat akan kekerasan dalam rumah tangga. Dalam menganalisa novel ini penulis menggunakan sebuah teori feminis minoritas yakni black feminism berkaitan dengan kehidupan wanita kulit hitam yang cenderung terabaikan dari dominasi feminis kulit putih. Penulis menggunakan sebuah teori yang diusung oleh Barbara Smith dan didukung oleh esai serta beberapa artikel penulis kulit hitam lainnya. Dalam menganalisa topik ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan kata- kata yang dirangkai sendiri oleh penulis. Selanjutnya, penulis menemukan berbagai kekerasan dalam rumah tangga yang tergambar dalam novel ini, tidak hanya terhadap seorang istri, tapi juga terhadap anak perempuan yang dianggap sebagai objek dalam sebuah keluarga kulit hitam yang dapat dijual demi mendapatkan sejumlah uang. Novel ini menjadi istimewa karena dibawah tekanan dan dominasi pria kulit hitam, para perempuan ini masih bisa berusaha untuk menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga juga sebagai pencari nafkah untuk kelangsungan hidup keluarganya. Ditengah kemiskinan dan pemikiran bahwa perempuan kulit hitam hanyalah dianggap sebagai barang, mereka masih bisa berjuang mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi dari pada perempuan kulit hitam lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 01 May 2011 00:59
Last Modified: 05 Oct 2011 05:30
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10725

Actions (login required)

View Item View Item