Repository Universitas Andalas

Analisis Psikologi Inong dalam Cerpen Jaring- Jaring Merah Karya Helvi Tiana Rosa (Tinjauan Psikologi Sastra)

Ajijah, Ajijah (2008) Analisis Psikologi Inong dalam Cerpen Jaring- Jaring Merah Karya Helvi Tiana Rosa (Tinjauan Psikologi Sastra). Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (Analisis Psikologi Inong dalam Cerpen Jaring- Jaring Merah Karya Helvi Tiana Rosa (Tinjauan Psikologi Sastra)) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (315Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap cerpen Jaring-Jaring Merah (2001) karya Helvi Tiana Rosa dengan menggunakan pendekatan Psikologi Sastra. Penelitian ini berdasarkan psikoanalisis dari Sigmun Freud dan Psikologi Abnormal Geral C. Davison, dan ditunjang dengan analisis Intrinsik untuk membantu dalam analisis psikologi terhadap karya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data tertulis dari peristiwa yang dialami tokoh dalam cerpen ini. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data, menganalisis dat4 dan menyajikan data. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana konflik yang terjadi pada tokoh cerita, penyebab konflik terjadi, akibat serta solusi atas konflik kejiwaan tersebut. Penelitian ini menghasilkan konflik kejiwaan yang dialami tokoh Inong (tokoh utama), akibat kekejaman dan penyalahgunaan kekuasaan yang dilakukan Tentara terhadap dirinya, Inong menderita gangguan stress paskatrauma, dia menjadi seorang yang pemarah, pencemas, kumal, menglami mimpimburuk tentang kejadian yang menimpa dirinya, memiliki respon yang datar, menarik diri dari lingkungan sosial, serta berprilaku aneh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:23
Last Modified: 05 Oct 2011 05:58
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/10938

Actions (login required)

View Item View Item