Repository Universitas Andalas

PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (BSC) PADA SMA NEGERI 10 PADANG

RUSMAN, RUSMAN (2008) PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (BSC) PADA SMA NEGERI 10 PADANG. Other thesis, Politeknik Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF (PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (BSC) PADA SMA NEGERI 10 PADANG) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (417Kb) | Preview

Abstract

Pengukuran kinerja organisasi perlu dilakukan agar dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan, sebagai salah satu dari funtisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), pengukuran kinerja di SMA Negeri l0 Padang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS). Namun hasil dari pengukuran tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh sekolah untuk meningkatkan kinerjanya secara signifftan. Salah satu metode pengukuran kinerja yang banyak digunakan saat ini adalah Balanced Scorecard (BSC). Perancangan dimulai dengan mengidentifikasi visi, misi, dan tujuan strategik dalam keempat perspektif Balanced Scorecard yang menghasilkan sasaran strategi, ukuran kinerja yang akan dicapai, target, dan inisiatif strategik. Hasil dari wawancara terstruktur digunakan untuk mengidentifftasi faktor eksternal dan internal yang digunakan sebagai dasar dalam perancangan Balanced Scordcardpada SMA Negeri l0 Padang melalui empat perspektif (finansial, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan permmbuhan) yang saling berinteraksi. Peta rencana strategi bisnis SMA Negeri 10 Padang menempatkan perspektif pelanggan paling puncak, diikuti perspeklif finansial, proses bisnis internal, dan pembelajaran/pertumbuhan karena merupakanpure nonprofit organizations.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Unit atau Lembaga: UNSPECIFIED
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:09
Last Modified: 07 Oct 2011 09:26
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11047

Actions (login required)

View Item View Item