Alfida, Rauza (2008) Alasan Pelanggan Telkomsel Padang Tetap Menggunakan Produk Telkomsel. Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
|
PDF (Alasan Pelanggan Telkomsel Padang Tetap Menggunakan Produk Telkomsel)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (390Kb) | Preview |
Abstract
Perkembangan sektor telekomunikasi dewasa ini semakin meningkat. Banyaknya perusahaan operator selular yang hadir di Kota Padang menyebabkan timbulnya persaingan sesama operator selular dalam menarik dan mempertahankan pelanggannya. Sebagaimana yang dialami oleh perusahaan operator selular Telkomsel Padang, dengan bermunculan produk-produk baru menyebabkan penambahan jumlah pelanggan tidak setinggi bulan-bulan sebelumnya. Walaupun demikian, Telkomsel sebagai salah satu perusahaan operator selular terbesar di Kota Padang tetap menjadi perusahaan operator selular yang paling diminati dari berbagai kalangan dan latar belakang sosial yang berbeda-beda. Oleh karena itu yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah apa yang menjadi alasan pelanggan Telkomsel Padang tetap menggunakan produk Telkomsel. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan alasan pelanggan Telkomsel Padang tetap memilih produk Telkomsel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara dengan menggunakan proposive sampling. Analisa data menggunakan metode deskriptif, yaitu data yang diperoleh dilapangan disusun secara sistematis dan disajikan secara deskriptif, sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih tajam tentang fenomena yang terjadi dan akhirnya dapat memberikan kesimpulan. Untuk melihat permasalahan ini, peneliti berpedoman pada teori fenomenologi oleh Alfred Schutz tentang motiv. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah lima belas orang. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pertama, pelanggan Telkomsel Padang terdiri dari latar belakang sosial yang berbeda-beda baik itu usia, pekerjaan dan daerah asal. Kedua adalah alasan pelanggan Telkomsel Padang tetap menggunakan produk Telkomsel karena didorong oleh dua faktor yaitu because motive dan in order motive. Because motive pelanggan Telomsel Padang adalah karena pernah merasakan kualitas dan fasilitas produk Telkomsel di kota lain, kebijakan tarif yang sesuai dengan keinginan pelanggan dan faktor pelayanan. Disisi lain yang menjadi in order motive pelanggan Telkomsel Padang adalah karena alasan yang didorong oleh adanya faktor kepercayaan, alasan sebagai identitas, hadiah yang menarik dan karena alasan jumlah pelanggan sebagai brand image.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | Haryoshi Utami |
Date Deposited: | 19 Apr 2011 09:08 |
Last Modified: | 05 Oct 2011 06:20 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11059 |
Actions (login required)
View Item |