Repository Universitas Andalas

Pola Penggunaan Internet oleh Remaja ( Studi Kasus : Enam Remaja Di Kelurahan Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang )

Sari, Febrina Dewita (2008) Pola Penggunaan Internet oleh Remaja ( Studi Kasus : Enam Remaja Di Kelurahan Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang ). Other thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
PDF (Pola Penggunaan Internet oleh Remaja ( Studi Kasus : Enam Remaja Di Kelurahan Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Padang )) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (479Kb) | Preview

Abstract

Teknologi informasi yang berkembang dalam skala massal telah mengubah bentuk masyarakat, dari masyarakat dunia lokal menjadi masyarakat dunia global. Sebuah dunia yang sangat transparan terhadap perkembangan informasi. Salah satu dari kemajuan teknologi tersebut adalah internet. Media internet merupakan hasil teknologi komputer dan komunikasi yang kini sedang berkembang dan semakin populer. Media ini mampu memberikan berbagai fasilitas dan manfaat. Diantaranya adalah sebagai media komunikasi dengan sesama pengguna internet, pertukaran data, sebagai media untuk mendapatkan informasi, media untuk membentuk komunitas di dunia maya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pola penggunaan internet remaja, mendeskripsikan pandangan remaja terhadap manfaat dari penggunaan internet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berdasarkan observasi (pengamatan), wawancara dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan dengan beberapa pertanyaan yang bersifat terbuka dan disesuaikan dengan tujuan dan permasalahan penelitian. Pemilihan informan dipilih secara sengaja atau purposive dengan jumlah informan sebanyak enam orang informan. Informan yang dipilih dalam penelitian ini adalah remaja yang memiliki aksesbilitas terhadap penggunaan internet, pengetahuan yang luas dan mendalam tentang latar penelitian. Lokasi penelitian ini dilakukan di kelurahan Kampung Lapai Kec. Nanggalo Kota Padang dengan pertimbangan bahwa tempat ini merupakan salah satu wilayah dengan heterogenitas penduduk yang cukup tinggi. Skripsi ini menjelaskan karakteristik perilaku penggunaan internet dari enam orang informan. Dari ke enam informan di dapatkan data bahwa remaja tersebut berasal dari latar ekonomi yang mapan dan mereka adalah pelajar SMA. Rata-rata remaja mengakses internet selama 2 s/d 3 jam sehari. Tempat menggunakan internet adalah di rumah dan warnet,lama mereka mengenal internet adalah sekitar 3 sampai 4 tahun. Fasilitas yang sering digunakan adalah chating, browsing dan download. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pola penggunaan internet oleh remaja terjadi melalui proses pengenalan internet oleh remaja, dimana pada prosesnya seorang remaja dipengaruhi oleh faktor internal remaja yang berangkat dari kesenangan dan hobby dan faktor eksternal diri remaja seperti teman sebaya, media massa seperti televisi, buku, Koran dan majalah. Perilaku mengacu kepada aktivitas remaja menggunakan internet seperti browsing, chating, download dan bermain game online. Perubahan perilaku yang muncul dari penggunaan internet adalah berkurangnya sosialisasi dari remaja terhadap lingkungan sekitar karena remaja lebih banyak menghabiskan waktunya dengan internet. Berkurangnya intensitas pertemuan tatap muka serta dapat menjadikan seorang remaja menjadi lebih individualis dan adanya kecenderungan remaja untuk mempraktekkan situs-situs yang menampilkan pornografi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:05
Last Modified: 07 Oct 2011 07:49
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11093

Actions (login required)

View Item View Item