Repository Universitas Andalas

LANGUANGE STYLE OF LATE VICTORIAN NOVEL AND ITS FINCTION FOUND IN W.H. HUDSON'S GREEN MANSIONS : A STYLISTIC ANALYSIS

Azmi, Fitriyani (2008) LANGUANGE STYLE OF LATE VICTORIAN NOVEL AND ITS FINCTION FOUND IN W.H. HUDSON'S GREEN MANSIONS : A STYLISTIC ANALYSIS. Other thesis, Fakultas Sastra.

[img]
Preview
PDF (LANGUANGE STYLE OF LATE VICTORIAN NOVEL AND ITS FINCTION FOUND IN W.H. HUDSON'S GREEN MANSIONS : A STYLISTIC ANALYSIS) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (365Kb) | Preview

Abstract

Thesis ini membahas tentang makna dan fungsi gaya bahasa gotik novel akhir era victoria dan fungsi gaya bahasa yang ditemukan di novel Green Mansions yang ditulis oleh William Henry Hudson menggunakan teori stilistik. Menurut Wellek dan Warren, stilistika merupakan bagian ilmu sastra, dan akan menjadi bagian yang penting, karena hanya metode stilistika yang dapat menjabarkan ciri-ciri khusus karya sastra. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah kualitatif dan kuantitatif dengan mengumpukan dan menuliskan teknik- teknik gaya bahasa yang umumnya digunakan dalam novel Green Mansions sebagai data. Semua data yang terkumpul akan dianalisa menggunakan teori yang dikemukakan oleh Wellek dan Warren (1990) dan dibantu dengan teori fungsi gaya bahasa oleh Endraswara (2003) untuk menunjukkan hubungan antara pemilihan teknik-teknik tersebut dengan fungsi yang ditimbulkan dari pemilihan gaya tersebut. Data hasil analisis stilistika ditemukan bahwa Hudson menggunakan teknik hipeerbola yang merupakan tipikal dari gotik novel di akhir era Victoria. Novel ini juga menggunakan gaya bahasa metafora. Selain itu juga banyak ditemukan penggunaan simili, personifikasi, dan repetisi. Dari karakteristik gaya bahasa yang digunakan dalam novel tersebut dapat disimpulkan bahwa gaya bahasa juga mempunyai fungsi dalam membangun cerita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 19 Apr 2011 09:03
Last Modified: 06 Oct 2011 04:38
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/11117

Actions (login required)

View Item View Item